Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Sabtu, 14 Oktober 2023

Rencana Serangan Darat? Israel Perintahkan Evakuasi Warga Sipil di Gaza

Konvoi kendaraan lapis baja Israel bergerak maju di dekat perbatasan dengan Gaza pada hari Kamis, 12 Oktober 2023. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel pada hari Jumat (13/10) mengarahkan evakuasi ratusan ribu warga sipil yang tinggal di Kota Gaza menjelang serangan darat Israel yang dikhawatirkan. Perintah tersebut dikeluarkan setelah militan Hamas, dan PBB mengatakan Israel telah memperingatkan bahwa pihaknya menginginkan evakuasi seluruh 1,1 juta orang dari bagian utara Jalur Gaza.

Arahan tersebut, yang dikeluarkan pada hari ketujuh perang setelah serangan mematikan Hamas terhadap Israel, mengarahkan penduduk Kota Gaza untuk melarikan diri lebih jauh ke selatan di Jalur Gaza, sebuah wilayah pesisir sempit. Perintah Israel menuduh militan Hamas bersembunyi di terowongan di bawah kota.

“Evakuasi ini demi keselamatan Anda sendiri,” kata militer Israel, dalam sebuah peringatan yang dikirimkan kepada warga sipil Kota Gaza.

Banyaknya arahan yang diberikan bisa menandakan akan adanya serangan darat, meskipun militer Israel belum mengkonfirmasi seruan tersebut. Pada hari Kamis (12/10) dikatakan bahwa sementara persiapan dilakukan, belum ada keputusan yang diambil.

Israel menyampaikan perintah evakuasi yang lebih luas, memberikan hampir separuh penduduk kecil Gaza waktu 24 jam untuk mengungsi ke selatan wilayah tersebut, kepada PBB sesaat sebelum tengah malam, kata juru bicara Stephane Dujarric. Militer Israel tidak segera mengkonfirmasi perintah evakuasi yang lebih luas.

Perintah evakuasi yang luas untuk seluruh wilayah utara Gaza juga berlaku bagi seluruh staf PBB dan ratusan ribu orang yang berlindung di sekolah-sekolah PBB dan fasilitas lainnya sejak Israel melancarkan serangan udara sepanjang waktu pada hari Sabtu (14/10).

“Perserikatan Bangsa-bangsa menganggap gerakan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa konsekuensi kemanusiaan yang buruk,” kata Dujarric.

“PBB. Perserikatan Bangsa-bangsa dengan tegas meminta agar perintah semacam itu, jika memang benar, dibatalkan, untuk menghindari hal yang dapat mengubah situasi yang sudah menjadi tragedi menjadi situasi yang membawa malapetaka,” kata juru bicara itu.

Pejabat PBB lainnya mengatakan bahwa PBB sedang berusaha mendapatkan kejelasan dari para pejabat Israel di tingkat politik paling senior.

“Ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara di depan umum.

Desas-desus panik tentang evakuasi mulai menyebar di Gaza utara pada hari Jumat (13/10) dini hari.

Serangan darat di Gaza, yang dikuasai oleh Hamas dan penduduknya padat di sebidang tanah yang panjangnya hanya 40 kilometer (25 mil), kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak korban jiwa di kedua belah pihak dalam pertempuran brutal dari rumah ke rumah.

Serangan Hamas pada hari Sabtu (7/10) dan serangan-serangan yang lebih kecil sejak itu telah menewaskan lebih dari 1.300 orang di Israel, termasuk 247 tentara, jumlah korban yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selama beberapa decade, dan pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan lebih dari 1.530 orang di Gaza, menurut pihak berwenang di kedua belah pihak.

Israel mengatakan sekitar 1.500 militan Hamas terbunuh di Israel, dan ratusan orang yang tewas di Gaza adalah anggota Hamas. Ribuan orang terluka di kedua sisi.

Ketika Israel menggempur Gaza dari udara, militan Hamas telah menembakkan ribuan roket ke Israel. Di tengah kekhawatiran bahwa pertempuran dapat menyebar di wilayah tersebut, media pemerintah Suriah melaporkan bahwa serangan udara Israel pada hari Kamis (12/10) membuat dua bandara internasional Suriah tidak dapat beroperasi.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bersumpah untuk “menghancurkan” Hamas setelah militan menyerbu wilayah selatan negara itu pada hari Sabtu dan membantai ratusan orang, termasuk pembunuhan anak-anak di rumah mereka dan remaja di sebuah festival musik.

Di tengah kesedihan dan tuntutan balas dendam di kalangan masyarakat Israel, pemerintah berada di bawah tekanan kuat untuk menggulingkan Hamas daripada terus mencoba memendamnya di Gaza.

Jumlah orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat serangan udara Israel melonjak 25% dalam sehari, mencapai 423.000 dari total populasi 2,3 juta, kata PBB pada hari Kamis.

Pada hari Kamis, militer Israel menghancurkan Jalur Gaza dengan serangan udara, bersiap menghadapi kemungkinan invasi darat dan mengatakan pengepungan penuh atas wilayah tersebut, yang membuat warga Palestina sangat membutuhkan makanan, bahan bakar dan obat-obatan, akan tetap terjadi sampai militan Hamas membebaskan sekitar 150 orang sandera yang disandera selama serangan akhir pekan mereka yang mengerikan.

Kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, bersama dengan pengiriman senjata AS, memberikan lampu hijau yang kuat kepada Israel untuk terus melakukan pembalasan di Gaza setelah serangan mematikan Hamas terhadap warga sipil dan tentara, bahkan ketika kelompok bantuan internasional memperingatkan akan keadaan yang semakin memperburuk krisis kemanusiaan. Israel telah menghentikan pengiriman kebutuhan dasar dan listrik ke 2,3 juta penduduk Gaza dan mencegah masuknya pasokan dari Mesir.

“Tidak ada satu pun saklar listrik yang akan dinyalakan, tidak ada satu pun keran yang akan dibuka, dan tidak ada satu pun truk bahan bakar yang akan masuk sampai para sandera Israel dipulangkan,” kata Menteri Energi Israel, Israel Katz, di media sosial.

Letkol Richard Hecht, juru bicara militer Israel, mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa pasukan “sedang mempersiapkan manuver darat” jika para pemimpin politik memerintahkannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home