Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:35 WIB | Sabtu, 14 Oktober 2023

Afghanistan: Serangan Bom Bunuh Diri di Masjid, Tujuh Tewas

Pasukan keamanan Taliban memblokir jalan setelah ledakan bom bunuh diri di dekat Kementerian Luar Negeri Afghanistan di Lapangan Zanbaq di Kabul pada Rabu, 11 Januari 2023 (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di antara jamaah yang sedang melaksanakan salat Jumat di sebuah masjid Syiah di Afghanistan utara, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 15 lainnya, kata juru bicara polisi Afghanistan.

Serangan itu terjadi di kota Pol-e-Khomri, ibu kota Provinsi Baghlan, Afghanistan, kata juru bicara polisi, Sher Ahmad Borhani, dalam sebuah pernyataan, hari Jumat (13/10).

Pejabat keamanan sedang berupaya untuk mengetahui bagaimana penyerang mencapai daerah tersebut untuk menyerang masjid Imam Zaman.

Beberapa jam kemudian, kelompok ekstremis ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) mengeluarkan pernyataan yang mengaku bertanggung jawab. Kelompok ini juga menargetkan kelompok minoritas Syiah di Afghanistan dalam serangan skala besar di masa lalu.

Rekaman Taliban dari masjid menunjukkan puing-puing berserakan di lantai berkarpet merah, barang-barang pribadi berserakan, dan mayat-mayat ditutupi kain kafan.

Afiliasi regional ISIS, yang dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan, meningkatkan serangan terhadap masjid dan kelompok minoritas di seluruh negeri setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

ISIS, yang telah beroperasi di Afghanistan sejak tahun 2014, dipandang sebagai tantangan keamanan terbesar yang dihadapi para penguasa Taliban di negara tersebut. Setelah pengambilalihan kekuasaan mereka, Taliban melancarkan tindakan keras terhadap kelompok militan tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home