Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 16:08 WIB | Jumat, 26 Februari 2016

Repsol Menderita Kerugian Senilai Rp17,7 Triliun

ilustrasi, Perusahaan Minyak Raksasa Repsol (Foto Dok Satuharapan.com)
MADRID. SATUHARAPAN.COM - Perusahaan Raksasa minyak Spanyol, Repsol mengalami kerugiaan sebesar 1,2 miliar euro (sekitar Rp 17,7 triliun), setelah mengalokasikan hampir tiga miliar euro (sekitar Rp 44,4 triliun) untuk akusisi menyusul anjloknya harga minyak mentah, hal ini disampaikan perwakilan Repsol melalui siaran pers pada hari Jumat (26/2).
 
Beberapa bulan terakhir sangat berat bagi perusahaan serta negara yang memproduksi minyak dan berbagai komoditas lainnya. Harga seluruh komoditas tersebut merosot seiring dengan turunnya permintaan di Tiongkok -- penggerak ekonomi global dalam beberapa tahun terakhir - sehingga mengacaukan pemulihan ekonomi global.
 
Repsol, yang mengakuisisi perusahaan energi Kanada Talisman tahun lalu, menambahkan tanpa pembelian tersebut, grup itu akan meraup laba bersih sebesar 1,86 miliar euro (sekitar Rp27,5 triliun) tahun lalu, naik sembilan persen dari 2014.
 
“Hasil ini secara khusus mengukur kinerja unit bisnis dan menunjukkan kekuatan dan ketahanan perusahaan di tengah situasi sulit seperti anjloknya harga minyak dan gas,” menurut pernyataan Repsol.
 
Saham Repsol naik 3,15 persen menjadi 8,85 euro (sekitar Rp150.000) pada perdagangan Kamis pagi. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home