Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 15:55 WIB | Jumat, 26 Februari 2016

Venezuela, Saudi, Qatar dan Rusia Bahas Harga Minyak

Ilustrasi: harga minyak naik. (Foto: sweetcrudereports.com)
CARACAS, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Venezuela, Arab Saudi, Rusia, dan Qatar akan bertemu untuk membahas upaya menstabilan harga minyak, hal itu dikatakan Menteri Perminyakan dan Pertambangan Venezuela Eulogio del Pino pada hari Kamis (25/2).
 
Dia menjelaskan mereka  akan membicarakan bagaimana cara menstabilkan harga minyak sehingga terjadi suatu kesepakatan dan kota tempat untuk bertemu belum ditentukan.
 
Menurutnya, semua anggota OPEC dan sekutunya berpartisipasi dalam pertemuan tersebut sehingga dapat mengambil tindakan luas untuk mengatasi pasar yang bermasalah.
 
"Kami perlu menyerahkan perjanjian ini ke produsen-produsen minyak utama di dunia ... dan mengambil keputusan tentang bagaimana menstabilkan pasar," tambahnya seperti dikutip kantor berita Xinhua.
 
Sebelumnya, Menteri Perminyakan dari Venezuela, Arab Saudi, Rusia dan Qatar menandatangani kesepakatan di Doha tentang koordinasi tindakan untuk membekukan produksi minyak dalam upaya menstabilkan harga minyak dunia dan memastikan keuntungan berlanjut dari industri.
 
Perusahaan minyak nasional Venezuela PDVSA juga menyatakan para menteri sepakat untuk membentuk sebuah komite monitoring "untuk menindaklanjuti hasil tindakan-tindakan ini."
 
Pemerintah Venezuela telah aktif mengupayakan pembekuan produksi sejak pertengahan 2015 karena harga minyak telah jatuh sekitar 70 persen sejak pertengahan 2014 menjadi di bawah 33 dolar AS per barel pada Rabu. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home