Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 15:55 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Revisi DNI, Industri Kecil Menengah Tetap Terjaga

Menteri Perindustrian, Saleh Husein ( Foto Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Industri Kecil Menengah (IKM) akan tetap terjaga meskipun beberapa bidang usaha dibuka untuk investasi 100 persen bagi asing.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengatakan pemerintah akan terus  berkoordinasi, di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan  Kementerian lain untuk tetap menjaga agar bagaimana industri di dalam negeri  termasuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) tetap bisa terjaga. 

“Investasi yang di bawah Rp 10 miliar, asing tidak bisa masuk. Jadi tidak perlu khawatir,” ujarnya seperti dilansir dari Antara pada hari Selasa (16/7) 

Dia mengatakan bahwa pemerintah berjanji untuk tetap melindungi dan menjaga keberlangsungan perusahaan-perusahaan nasional melalui Undang-Undang.
Saleh Husin mengemukakan bahwa salah satu industri yang diizinkan bagi investor asing untuk berinvestasi 100 persen di dalam negeri yakni sektor farmasi. Kebijakan itu ditujukan agar dapat menekan impor bahan baku obat.

“Paling utama kami mendorong industri farmasi agar asing bisa masuk 100 persen. Selama ini, lebih dari 90 persen bahan baku obat itu diimpor. Nah, sekarang bagaimana kita mengurangi impor tersebut agar devisa kita tidak keluar, yaitu dengan menarik asing memproduksi obat-obatan di dalam negeri,” paparnya.

Menurut dia, dengan adanya pabrik farmasi di dalam negeri maka diharapkan dapat menekan harga jual obat-obatan di dalam negeri. Beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan kunjungan ke sebuah perusahaan patungan antara PT Kalbe Farma Tbk dengan investor asal Korea Selatan. Meski sektor farmasi terbuka 100 persen bagi asing, ia mengatakan bahwa  pihaknya tetap akan mendengar saran para pelaku usaha di dalam negeri agar  kompetisi di dalam negeri tetap sehat.

“Pemerintah akan mendengar masukan dari pelaku usaha. kami juga menjaga agar pelaku usaha di dalam negeri bisa tetap terjaga,” katanya.  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home