Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:35 WIB | Selasa, 26 April 2016

Ribuan Orang Spanyol Terinfeksi Norovirus dalam Air Kemasan

Ilustrasi air bahkan tidak aman. botol kemasan dapat terinfeksi norovirus di Spanyol. (Foto: twitter.com)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – “Lebih dari 4.000 orang jatuh sakit akibat norovirus di Spanyol timur laut, setelah minum air kemasan yang terkontaminasi materi kotoran manusia,“ kata pejabat kesehatan setempat pada Senin (25/4).

Departemen kesehatan pemerintah regional Catalunya mengatakan, 4.146 orang mendapat pengobatan karena mengalami gejala mual, muntah dan demam di Barcelona dan Tarragona setelah minum air terkontaminasi dari pendingin air di kantor. Enam di antaranya harus dirawat di rumah sakit.

“Ini kasus pertama di dunia norovirus ditemukan di dalam air kemasan,” kata Albert Bosch, profesor mikrobiologi di University of Barcelona, yang bertanggung jawab dalam analisis air terkontaminasi.

“Biasanya ini terjadi pada air keran karena air dari kotoran manusia tercampur dengan air minum. Namun, dalam kasus ini terjadi pada air kemasan, yang sudah mengalami pengolahan dan kami tidak tahu di bagian mana airnya tercemar,” katanya.

Perusahaan air kemasan Eden Springs, menarik lebih dari 6.150 botol air minum yang sudah didistribusikan di 925 perusahaan sebagai respons atas wabah tersebut sebagai langkah pencegahan.

Pihak perusahaan mengatakan, mereka mengemas air tercemar itu di Andorra, area pegunungan kecil di antara Spanyol dan Prancis.

Pejabat kesehatan Catalunya menyatakan wabah norovirus sudah berakhir karena tidak ada kasus baru terdeteksi dalam sepekan terakhir.

Norovirus tidak mengancam nyawa namun sangat mudah menular. Virus tersebut menyebar dari orang yang terinfeksi, dari air atau makanan terkontaminasi atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home