Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:35 WIB | Sabtu, 02 Januari 2016

Ribuan Wisatawan Padati Kepulauan Seribu

Sejak pagi hari, ribuan wisatawan terlihat antre menaiki kapal tradisional di Pelabuhan Kali Adem. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sekitar 2000 wisatawan masih memadati beberapa daerah tujuan wisata di Kepulauan Seribu pada hari Sabtu (2/1). Sebagian besar wisatawan berangkat dari Pelabuhan Kali Adem dan Dermaga Marina di Jakarta Utara.

Sejak pagi hari, ribuan wisatawan terlihat antre menaiki kapal tradisional di Pelabuhan Kali Adem. Kebanyakan mereka akan berwisata ke Pulau Tidung dan Pulau Harapan.

"Mungkin mereka belum sempat menikmati liburan tahun baru kemarin," kata Marihot Marulitua Sirait, Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Kepulauan Seribu seperti yang dikutip dari beritajakarta.com pada hari Sabtu (2/1).

Hingga siang hari, menurut Marihot, tercatat ada 1.586 penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Kali Adem, sementara ratusan penumpang lainnya berangkat melalui Dermaga Marina.

Dari segi pengamanan, lanjut Marihot, tidak ditemukan kejadian khusus, hanya ada sejumlah penumpang yang berobat ke posko kesehatan karena kelelahan berlayar.

"Secara umum tahun baru kali ini aman dan kondusif," imbuh Marihot.

Marihot mengimbau, agar nakhoda tetap memperhatikan cuaca serta menyediakan selalu alat keselamatan penumpang.

Wisatawan Pulau Seribu Tak Capai Target

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu menargetkan sebanyak tiga juta wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu tahun 2015 kemarin. Namun, target tersebut gagal diwujudkan karena beberapa faktor.

"Faktor cuaca ekstrem yang terus berubah-ubah dan pembatasan jumlah penumpang terkait penertiban kapal juga menjadi faktor gagalnya pemenuhan target," ujar Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo, Sabtu (2/1).

Budi mengatakan, untuk perbaikan sarana dan prasarana pendukung di sektor pariwisata terus dikembangkan, sehingga wisatawan tidak hanya datang pada saat libur akhir pekan atau libur nasional saja.

"Ke depan, Pulau Seribu harus menjadi tujuan, bukan sekedar destinasi wisata alternatif. Bahkan rapat-rapat juga bisa dilakukan di Pulau Seribu," kata dia.

Pemprov DKI Jakarta terus mendorong kemajuan wilayah Pulau Seribu. Salah satunya dengan mengupayakan adanya sebuah kapal mobile. Diharapkan aktivitas wisatawan maupun warga dapat berjalan terus tanpa bergantung pada pemberangkatan kapal tradisional maupun penyewaan kapal cepat.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home