Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:54 WIB | Minggu, 31 Mei 2015

Rismaharini Khawatir Maju Pilkada Agenda Kota Terabaikan

Wali kota Surabaya Tri Rismaharini saat memaparkan pembangunan kota Surabaya dengan berbagai programnya dalam acara Serial Seminar Dewan Guru Besar Universitas Indonesia di ruang aula Fakultas Kedokteran Unversitas Indonesia Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (6/3/2014) (Foto: dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku khawatir jika maju kembali di Pilkada Surabaya 2015 banyak program-program pembangunan di kota Pahlawan ini akan terganggu.

"Saya khawatir konsentrasi saya terpecah karena saya ingin menang. Saya sekarang punya tanggung jawab hingga September mendatang," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada wartawan seusai upacara peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722 di Taman Surya Surabaya, Minggu (31/5).

Saat ditanya soal dukungan dari masyarakat yang menginginkannya kembali memimpin Surabaya, dia enggan menanggapinya. Dia hanya mengakui bahwa dorongan untuk kembali menjadi wali kota sangat tinggi. 

Namun Risma berupaya menekan hasrat tersebut lantaran tidak ingin warga Surabaya menjadi korban. "Saya tetap manusia, kan ada setan yang menggoda saya (untuk menjadi wali kota lagi). Hawa nafsunya itu luar biasa. Saya tidak mau warga saya punya masalah karena nafsu saya. Tuhan yang akan mengatur. Saya ingin konsentrasi pada program saya," katanya.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Parlemen Watch Jatim Umar Salahudin sebelumnya menyarankan agar Tri Rismaharini harus siap dengan risiko jika maju lagi di Pilkada Surabaya 2015 lewat jalur independen sebagai opsi kedua.

"Menurut saya Risma perlu memiliki pendirian yang kuat jika ingin maju lagi. Mengingat sanksi jika mengundurkan diri dari jalur independen cukup berat yakni harus membayar denda Rp 10 miliar," kata Umar.

Hal ini menindaklanjuti pernyataan sebelumnya, di mana pihaknya meminta Rismaharini mewaspadai upaya penjegalan dirinya agar tidak bisa maju lagi di Pilkada Surabaya 2015.

Sehingga Risma harus punya rencana atau opsi lain seperti halnya maju lewat jalur independen atau koalisi parpol, jika saat injury time tiba-tiba PDIP membatalkan rekomendasi untuknya. 

Berdasarkan pengalaman Pilkada Surabaya sebelumnya, calon yang semula dipastikan dapat rekomendasi yakni Saleh Mukadar (Ketua DPC PDI-Perjuangan Surabaya saat itu) dan Bambang DH. 

Namun menjelang detik-detik akhir, justru yang mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati adalah Tri Rismaharini dan Bambang DH.

Umar mengatakan Rismaharini perlu memiliki ketegasan dan pendirian yang kuat karena setiap keputusan pasti ada risikonya. "Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan, meski kadang pahit," katanya.

Selama ini, Umar menilai Rismaharini seperti halnya "gadis seksi" yang diburu banyak orang, baik partai maupun pemilih. "Jika memang tidak punya chemistry dengan PDIP, lebih baik cari kendaraan lain yang lebih nyaman dan aman, baik melalui partai maupun independen. Tapi menurut saya tetap pakai kendaraan partai," katanya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home