Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:32 WIB | Kamis, 19 November 2015

Rizal Ramli Desak SKK Migas Gunakan Komponen Lokal

Rizal Ramli dalam Seminar Nasional Mengawal Nawacita di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, hari Kamis (19/11). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli mendesak Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal (local content) dalam proses eksplorasi migas di tanah air.

Menurut dia, sejauh ini SKK Migas masih sangat kecil dalam pengunaan komponen lokal, padahal dalam peraturan perundang-undangan telah ditegaskan setiap kegiatan eksplorasi ataupun pengeboran harus menggunakan komponen lokal dalam jumlah tertentu.

Lebih lanjut, Rizal Ramli mengatakan SKK Migas tidak pernah menegaskan peraturan tersebut terhadap Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas.

"Sayang SKK Migas tidak pernah melaksanakan ini, atau pura-pura tidak mengerti, tutup mata sehingga banyak pengusaha drilling lokal kita, domestik kita tidak ada kerjaan," katan Rizal Ramli dalam Seminar Nasional Mengawal Nawacita di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, hari Kamis (19/11).

Untuk itu, Rizal Ramli meminta, lembaga di bawah koordinasi Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi ini untuk melaksanakan aturan tentang komponen lokal tersebut.

“Supaya pengusaha nasional dapat hidup dan bekerja. Negara lain lakukan itu kok. Kalau dalam down town, negara lain melakukan kebijakan itu untuk menolong pengusaha nasionalnya," kata dia.

"‎Bukan dikepret ini SKK Migas, saya ngomong gini (karena) sayang. Karena orangnya, ketuanya jujur (dan) baik. Saya minta supaya ini dilaksanakan," kata Rizal Ramli menegaskan.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home