Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:10 WIB | Rabu, 06 Oktober 2021

Rusia Buat Film dalam Penerbangan ke Luar Angkasa

Rusia Buat Film dalam Penerbangan ke Luar Angkasa
Foto yang dirilis oleh Roscosmos, Aktris Yulia Peresild, kiri, sutradara Klim Shipenko' kanan, dan kosmonot Anton Shkaplerov, anggota awak utama pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 berpose di fasilitas peluncuran Rusia di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, Senin, 27 September 2021. Dalam sejarah pertama, Rusia akan meluncurkan seorang aktris dan sutradara film ke luar angkasa untuk membuat film fitur di orbit. Aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko akan meluncur Selasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia bersama dengan Anton Shkaplerov, seorang veteran dari tiga misi luar angkasa. (Foto-foto: Badan Antariksa Roscosmos via AP)
Rusia Buat Film dalam Penerbangan ke Luar Angkasa
Foto diambil dari cuplikan video yang dirilis oleh Badan Antariksa Roscosmos, pendorong roket Soyuz-2.1a dengan kapal ruang angkasa Soyuz MS-19 yang membawa aktris Yulia Peresild, sutradara film Klim Shipenko dan kosmonot Anton Shkaplerov ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS, meledak berangkat di kosmodrom Baikonur yang disewa Rusia, Kazakhstan, Selasa, 5 Oktober 2021.

MOSCOW, SATUHARAPAN.COM-Seorang aktor Rusia dan seorang sutradara film meluncur ke luar angkasa pada hari Selasa (5/10) dalam misi untuk membuat film pertama di dunia sambil mengorbit.

Aktor Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia bersama dengan kosmonot Anton Shkaplerov, seorang veteran dari tiga misi luar angkasa.

Soyuz MS-19 mereka lepas landas sesuai jadwal pada pukul 13:55. (08:55 GMT) dari fasilitas peluncuran luar angkasa Rusia di Baikonur, Kazakhstan dan berhasil mencapai orbit yang ditentukan.

Pejabat luar angkasa melaporkan bahwa kru merasa baik-baik saja dan semua sistem pesawat ruang angkasa berfungsi normal.

Peresild dan Klimenko akan syuting segmen film baru berjudul "Challenge," di mana seorang ahli bedah yang diperankan oleh Peresild bergegas ke stasiun luar angkasa untuk menyelamatkan anggota kru yang menderita penyakit jantung. Setelah 12 hari di pos luar angkasa, mereka akan kembali ke Bumi dengan kosmonot Rusia lainnya.

Berbicara pada konferensi pers pra penerbangan hari Senin (4/10), Peresild yang berusia 37 tahun mengakui bahwa sulit baginya untuk beradaptasi dengan disiplin yang ketat dan tuntutan yang ketat selama pelatihan.

"Itu sulit secara psikologis, fisik dan moral," katanya. “Tapi saya pikir begitu kami mencapai tujuan, semua itu tidak akan terlalu sulit dan kami akan mengingatnya dengan senyuman.”

Shipenko, 38 tahun, yang telah membuat beberapa film yang sukses secara komersial, juga menggambarkan persiapan jalur cepat mereka selama empat bulan untuk penerbangan sebagai hal yang sulit.

“Tentu saja, kami tidak dapat membuat banyak hal pada percobaan pertama, dan kadang-kadang bahkan pada percobaan ketiga, tetapi itu normal,” katanya.

Shipenko, yang akan menyelesaikan syuting di Bumi setelah syuting episode luar angkasa, mengatakan bahwa Shkaplerov dan dua kosmonot Rusia lainnya di stasiun itu semuanya akan berperan dalam film baru.

Televisi Channel One milik negara Rusia, yang terlibat dalam pembuatan film tersebut, telah secara ekstensif meliput pelatihan kru dan peluncurannya.

“Saya kaget. Saya masih tidak bisa membayangkan ibu saya ada di luar sana," kata putri Peresild, Anna, dalam sambutan yang disiarkan televisi beberapa menit setelah peluncuran.

Dmitry Rogozin, kepala perusahaan antariksa negara Rusia, Roscosmos, adalah kekuatan utama di balik proyek tersebut, menggambarkannya sebagai kesempatan untuk memoles kejayaan antariksa bangsa dan menolak kritik dari beberapa media Rusia.

Beberapa komentator berpendapat bahwa proyek film tersebut akan mengalihkan perhatian kru Rusia dan mungkin canggung untuk membuat film di segmen Stasiun Luar Angkasa Internasional Rusia, yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan segmen Amerika Serikat. Modul laboratorium Rusia yang baru, Nauka, telah ditambahkan pada bulan Juli, tetapi belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam stasiun.

Begitu mereka tiba di stasiun luar angkasa lebih dari tiga jam setelah peluncuran, tiga pendatang baru akan bergabung dengan Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa, astronot NASA, Mark Vande Hei, Shane Kimbrough dan Megan McArthur, kosmonot Roscosmos, Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov, dan Aki Hoshide Badan Eksplorasi Antariksa Jepang.

Novitskiy, yang akan berperan sebagai kosmonot yang sakit dalam film tersebut, akan mengambil kursi kapten di kapsul Soyuz untuk membawa kru kembali ke Bumi pada 17 Oktober. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home