Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:43 WIB | Jumat, 01 April 2022

Rusia Haruskan Pembayaran Gas dalam Rubel untuk Pembeli Asing Mulai 1 April

Jerman menolak, dan bersama Prancis akan menjatuhkan sanksi tambahan pada Rusia.
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan pada hari Kamis (31/3) bahwa ia telah menandatangani sebuah dekrit yang mengatakan pembeli asing harus membayar dalam mata uang rubel untuk gas Rusia mulai 1 April, dan kontrak akan dihentikan jika pembayaran ini tidak dilakukan.

“Untuk membeli gas alam Rusia, mereka harus membuka rekening rubel di bank Rusia. Dari rekening-rekening inilah pembayaran akan dilakukan untuk pengiriman gas mulai besok,” kata Putin dalam sambutan yang disiarkan televisi.

“Jika pembayaran tersebut tidak dilakukan, kami akan menganggap ini sebagai default dari pihak pembeli, dengan semua konsekuensi berikutnya. Tidak ada yang menjual apa pun kepada kami secara gratis, dan kami juga tidak akan melakukan amal, yaitu kontrak yang ada akan dihentikan.”

Menurut keputusan tersebut, pembeli asing gas Rusia harus menggunakan rekening khusus di Gazprombank untuk membayar impor gas Rusia.

Pembeli asing sekarang wajib mentransfer mata uang asing ke satu rekening khusus, yang disebut "K". Gazprombank kemudian akan membeli rubel atas nama pembeli gas untuk mentransfer rubel ke akun "K" khusus lainnya, kata pesanan tersebut.

Gazprombank kemudian akan mentransfer dana rubel dari akun tipe "K" pembeli gas asing ke akun rubel Gazprom, kata perintah itu. Gazprombank dapat membuka rekening tersebut tanpa kehadiran perwakilan pembeli asing.

Keputusan Putin untuk memberlakukan pembayaran rubel untuk gas telah mendorong mata uang Rusia, yang jatuh ke posisi terendah dalam sejarah ketika Barat menerapkan sanksi besar-besaran setelah dia mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari.

Eropa Menolak

Tetapi perusahaan dan pemerintah Barat telah menolak langkah tersebut sebagai pelanggaran kontrak yang ada, yang ditetapkan dalam euro atau dolar.

Putin mengatakan peralihan itu dimaksudkan untuk memperkuat kedaulatan Rusia, dan akan tetap pada kewajibannya pada semua kontrak. Rusia memasok sekitar sepertiga gas Eropa.

Dia juga mengatakan bahwa negara-negara barat akan mencoba untuk menemukan alasan baru untuk sanksi Rusia. Putin menambahkan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa Amerika Serikat mendapat untung dari turbulensi global.

Jerman: Itu Pemerasan

Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck, pada hari Kamis menolak tuntutan Rusia itu dan menyebut sebagai pelanggaran kontrak yang tidak dapat diterima, menambahkan bahwa manuver itu sama dengan "pemerasan."

Berbicara selama konferensi pers bersama dengan mitranya dari Prancis, Habeck mengatakan dia belum melihat dekrit baru yang ditandatangani oleh Presiden Vladimir Putin yang mengamanatkan pembayaran gas dalam rubel.

“Berkenaan dengan ancaman, permintaan atau pertimbangan, orang tidak tahu harus menyebutnya apa lagi, harus dibayar dalam rubel, sangat penting bagi kami bahwa kontrak itu dihormati," kata Habeck. “Penting bagi kami untuk tidak memberikan sinyal bahwa kami akan diperas oleh Putin.”

Secara terpisah, Kanselir Olaf Scholz mengatakan perusahaan Jerman akan terus membayar gas Rusia menggunakan euro sebagaimana diatur dalam kontrak. "Dengan segala cara, perusahaan tetap menginginkan, dan akan membayar dalam euro," katanya pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Austria, Karl Nehammer.

Prosedur Darurat

Jerman pada hari Rabu memicu prosedur darurat untuk memantau impor gas dan kapasitas penyimpanan dan mendesak konsumen dan produsen untuk mengurangi konsumsi dalam persiapan untuk setiap penghentian pengiriman Rusia.

Regulator jaringan mengatakan pada hari Kamis bahwa situasinya stabil dan penyimpanan telah meningkat sedikit.

Habeck mengatakan dia dan Menteri Keuangan dan Ekonomi Prancis, Bruno Le Maire, membahas kemungkinan tindakan hukuman baru terhadap Rusia, namun menolak untuk merinci. “Paket sanksi terakhir tidak boleh dan tidak boleh menjadi yang terakhir. Kami berbicara tentang sanksi tambahan apa yang dapat mencegah Putin melanjutkan perang di Ukraina,” kata Habeck.

Scholz juga mengangkat kemungkinan sanksi baru terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, menambahkan bahwa Jerman siap untuk semua skenario, termasuk penghentian aliran gas Rusia ke Eropa.

Scholz menegaskan bahwa Jerman berharap untuk menjadi independen dari impor minyak dan batubara Rusia tahun ini, tetapi akan memakan waktu lebih lama untuk mengurangi ketergantungannya pada gas Rusia. (AP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home