Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:26 WIB | Sabtu, 26 Maret 2022

Pemimpin Dunia Kutuk Serangan Houthi Yaman pada Fasilitas Minyak Arab Saudi

Pemandangan kebakaran di fasilitas penyimpanan minyak Arab Saudi, Aramco, setelah serangan, di Jeddah, Arab Saudi pada Jumat, 25 Maret 2022. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin dunia dan organisasi berdiri bersama Arab saudi mengutuk serangan oleh kelompok teroris yang berbasis di Yaman, menyusul serangan kelompok Houthi yang didukung Iran terhadap fasilitas minyak milik Aramco pada hari Jumat (25/3).

Juru bicara Koalisi militer pimpinan Arab Saudi, Turki al-Malki, mengatakan kobaran api merusak dua tangki telah dikendalikan dan tidak menyebabkan cedera.

“Eskalasi permusuhan ini menargetkan fasilitas minyak dan bertujuan untuk merusak keamanan energi dan tulang punggung ekonomi global,” kata al-Malki, menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, adalah salah satu dari banyak pemimpin dunia berpengaruh yang mengutuk serangan itu dengan segera, dengan mengatakan "Serangan ini membahayakan nyawa warga sipil dan harus dihentikan," dalam sebuah posting media sosial.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, juga mengambil sikap tegas terhadap Houthi, dengan mengatakan, “Menjelang bulan suci Ramadhan, Houthi melanjutkan perilaku destruktif mereka. Yaman membutuhkan pihak-pihak untuk menghentikan permusuhan, dan membutuhkan bantuan,” juga dalam sebuah posting media sosial.

“Kami akan terus bekerja dengan mitra Arab Saudi kami untuk memperkuat pertahanan mereka sambil juga berusaha memajukan penyelesaian konflik yang tahan lama, meningkatkan kehidupan, dan menciptakan ruang bagi warga Yaman untuk menentukan masa depan mereka sendiri secara kolektif,” kata sebuah pernyataan dari  Kemenlu AS negara yang dibagikan kepada media.

Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, mengutuk serangan itu dan menyebut mereka "jelas dimungkinkan oleh Iran" meskipun ada embargo senjata PBB yang sedang berlangsung, menurut Associated Press.

Perwakilan pemerintah dari Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Qatar, Prancis, Jerman, Irak, Bosnia, Mesir, Sudan dan negara-negara lain juga mengutuk serangan itu dalam berbagai pernyataan resmi.

Serangan terhadap fasilitas Aramco mengikuti serangkaian serangan terhadap Arab Saudi pada hari yang sama, yang menyebabkan kebakaran terbatas di pembangkit listrik di kota Samtah di Jazan Arab Saudi dan kelompok sembilan drone lainnya yang diluncurkan ke arah selatan, wilayah timur dan tengah Kerajaan saat fajar pada hari Jumat.

Milisi Houthi telah meningkatkan permusuhannya terhadap Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, dengan beberapa upaya melawan negara tetangga UEA.

Sebagai tanggapan, koalisi Arab mengumumkan dimulainya serangan udara di Yaman terhadap fasilitas minyak menurut laporan Al Arabiya mengutip juru bicara koalisi al-Malki.

Koalisi melaporkan bahwa pasukannya melakukan serangan udara terhadap “sumber ancaman di Sanaa dan Hodeidah,” meskipun melakukan “standar tertinggi untuk menahan serangan Houthi terhadap fasilitas minyak” dalam beberapa hari terakhir.

Houthi Yaman yang didukung Iran telah meluncurkan lusinan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi sepanjang tahun 2021 dan hingga 2022.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home