Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:12 WIB | Minggu, 17 Juli 2022

Rusia Intensifkan Serangan ke Ukraina, Makin Banyak Korban Warga Sipil

Rusia Intensifkan Serangan ke Ukraina, Makin Banyak Korban Warga Sipil
Orang-orang berjalan saat asap mengepul di udara setelah penembakan di Odesa, Ukraina, Sabtu, 16 Juli 2022. (Foto: AP/Nina Lyashonok)
Rusia Intensifkan Serangan ke Ukraina, Makin Banyak Korban Warga Sipil
Penduduk setempat mencari dokumen teman mereka yang terluka di puing-puing rumah apartemen yang hancur setelah penembakan Rusia di daerah perumahan di Chuhuiv, wilayah Kharkiv, Ukraina, Sabtu, 16 Juli 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia meningkatkan serangannya terhadap Ukraina pada hari Sabtu (16/7), dengan korban sipil dilaporkan di beberapa wilayah negara itu.

Sedikitnya tiga warga sipil tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan roket Rusia di kota Chuhuiv, Ukraina utara pada hari Sabtu (16/7) dini hari, kata seorang kepala polisi regional.

Serhiy Bolvinov, wakil kepala kepolisian regional Kharkiv, mengatakan bahwa roket kemungkinan ditembakkan dari wilayah Rusia. Chuhuiv terletak sekitar 120 kilometer dari perbatasan.

“Empat roket Rusia, yang diduga ditembakkan dari sekitar (kota Rusia) Belgorod pada malam hari, sekitar pukul 3:30, menghantam sebuah bangunan tempat tinggal, sebuah sekolah, dan gedung administrasi,”

Bolvinov menulis di Facebook, menambahkan bahwa sebagian blok apartemen dua lantai hancur. “Mayat tiga orang ditemukan di bawah reruntuhan. Tiga lagi terluka. Para korban adalah warga sipil,” tambah Bolvinov.

Di wilayah tetangga Sumy, satu warga sipil tewas dan setidaknya tujuh lainnya terluka setelah Rusia melepaskan tembakan mortir dan artileri ke tiga kota dan desa tidak jauh dari perbatasan Rusia, kata gubernur regional Dmytro Zhyvytsky di Telegram pada Sabtu pagi.

Tujuh warga sipil tewas dan 14 lainnya luka-luka dalam 24 jam terakhir di kota-kota di wilayah Donetsk yang diperangi Ukraina, kata gubernurnya Sabtu pagi.

Namun, di dekatnya, pasukan Ukraina menangkis serangan Rusia semalam di jalan raya timur yang strategis, kata Serhiy Haidai, gubernur wilayah Luhansk.

Haidai mengatakan bahwa Rusia telah berusaha untuk merebut jalur jalan utama antara kota Lysychansk dan Bakhmut “selama lebih dari dua bulan.”

“Mereka masih tidak dapat mengendalikan beberapa kilometer jalan ini,” tulis Haidai dalam sebuah posting Telegram.

Meningkatkan Serangan ke Seluruh Wilayah Ukraina

Kepala pertahanan Rusia mengatakan kepada pasukan untuk meningkatkan operasi di seluruh wilayah Ukraina, menurut pembaruan media sosial dari kementerian pertahanan pada hari Sabtu.

Sebuah posting Facebook mengatakan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, memberikan “instruksi untuk lebih mengintensifkan tindakan unit di semua wilayah operasional, untuk mengecualikan kemungkinan rezim Kiev untuk meluncurkan serangan roket dan artileri besar-besaran pada infrastruktur sipil dan penduduk pemukiman di Donbas dan wilayah lain.”

Menurut pos tersebut, Shoigu pada hari Sabtu memeriksa beberapa unit Rusia yang telah bertugas di Ukraina, membagikan penghargaan untuk keberanian.

Kampanye militer Rusia berfokus pada Donbas, meliputi Donetsk dan Luhansk, tetapi pasukan Rusia juga telah menggempur bagian lain negara itu dalam dorongan tanpa henti untuk merebut wilayah dari Ukraina dan melemahkan moral para pemimpinnya, warga sipil dan pasukannya saat perang mendekati nukan kelima perang.

Di selatan Ukraina, dua orang terluka oleh serangan Rusia di kota Bashtanka, timur laut kota Mykolaiv di Laut Hitam, menurut sebuah pos Telegram oleh gubernur regional Vitaliy Kim. Kim mengatakan bahwa Mykolaiv sendiri juga mendapat kecaman baru dari Rusia pada dini hari.

Pada Jumat pagi, dia telah memposting video tentang apa yang dia katakan sebagai serangan rudal Rusia terhadap dua universitas terbesar di kota itu, dan mengecam Rusia sebagai “negara teroris.”

Dua orang tewas dan seorang perempuan dirawat di rumah sakit setelah serangan roket Rusia di kota tepi sungai timur Nikopol, kata layanan darurat. Gubernur Dnipropetrovsk Valentyn Reznichenko mengatakan di Telegram bahwa blok apartemen lima lantai, sebuah sekolah dan gedung sekolah kejuruan rusak.

Pada hari Jumat, rudal jelajah yang ditembakkan oleh pembom strategis Rusia menghantam kota Dnipro di Ukraina tenggara, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 16 lainnya, kata pejabat Ukraina.

Dalam jumpa pers reguler hari Sabtu, pejabat pertahanan Rusia mengatakan bahwa serangan itu telah menghancurkan “bengkel yang memproduksi komponen untuk, dan memperbaiki, rudal balistik Tochka-U, serta beberapa peluncur roket.”

Juru bicara Rusia, Igor Konashenkov, tidak menanggapi tuduhan Ukraina bahwa serangan itu telah menewaskan warga sipil.

Pada hari Kamis, serangan rudal Rusia menewaskan sedikitnya 23 orang, termasuk tiga anak, dan melukai lebih dari 200 di Vinnytsia, sebuah kota di barat daya Kiev, jauh dari garis depan. Rusia mengatakan rudal jelajah Kalibr menghantam "fasilitas militer" yang menjadi tuan rumah pertemuan antara komando angkatan udara Ukraina dan pemasok senjata asing.

Pihak berwenang Ukraina bersikeras situs itu tidak ada hubungannya dengan militer.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan Rusia telah melakukan lebih dari 17.000 serangan terhadap sasaran sipil selama perang, menewaskan ribuan pejuang dan warga sipil dan mengusir jutaan orang dari rumah mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home