Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:41 WIB | Sabtu, 16 Juli 2022

Perang di Ukraina Menjadikan Drone Senjata Paling Diminati

Perang di Ukraina Menjadikan Drone Senjata Paling Diminati
Prajurit Ukraina mengoperasikan tembakan artileri dengan drone di garis depan dekat Kharkiv, Ukraina, pada Sabtu, 2 Juli 2022 (Foto: dok. AP/Evgeniy Maloletka)
Perang di Ukraina Menjadikan Drone Senjata Paling Diminati
Tentara Ukraina menerbangkan drone saat mengujinya di pinggiran Kiev, Ukraina, Rabu, 8 Juni 2022. (Foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rekaman kamera drone menyajikan sebagian besar pandangan pada publik tentang perang di Ukraina: granat dijatuhkan secara diam-diam ke tentara tanpa disadari, penerbangan menakutkan di atas kota-kota yang sunyi dan kemudian dibom, Kendaraan perang dan senjata dan pos-pos meledak dalam bola api.

Tidak pernah dalam sejarah peperangan drone digunakan secara intensif seperti di Ukraina, di mana mereka sering memainkan peran besar dalam menentukan siapa yang hidup dan mati. Rusia dan Ukraina sama-sama sangat bergantung pada kendaraan pesawat udara tak berawak untuk menentukan posisi musuh dan memandu serangan neraka dengan artileri mereka.

Tetapi setelah berbulan-bulan pertempuran, armada drone dari kedua belah pihak habis, dan mereka berlomba untuk membangun atau membeli jenis drone canggih yang tahan macet yang dapat menawarkan keunggulan yang menentukan.

Urgensi itu tercermin dari pengungkapan Gedung Putih pada hari Senin (11/7) bahwa ia memiliki informasi bahwa Iran akan bergegas "hingga beberapa ratus" pesawat udara tak berawak untuk membantu Moskow. Drone yang dipasok Iran telah secara efektif menembus sistem pertahanan udara Saudi dan Emirat yang dipasok Amerika Serikat di Timur Tengah.

“Kekuatan pesawat tak berawak Rusia mungkin masih mampu, tetapi kelelahan. Dan Rusia ingin memanfaatkan rekam jejak Iran yang terbukti,” kata Samuel Bendett, seorang analis di think tank militer CNA.

Sementara itu, Ukraina menginginkan sarana "untuk menyerang fasilitas komando dan kontrol Rusia pada jarak yang signifikan," kata Bendett.

Permintaan untuk model konsumen yang siap pakai tetap kuat di Ukraina, seperti halnya upaya untuk memodifikasi drone amatir agar lebih tahan terhadap gangguan. Kedua belah pihak melakukan crowdfunding untuk menggantikan kerugian medan perang.

“Jumlah yang kami butuhkan sangat besar,” kata seorang pejabat senior Ukraina, Yuri Shchygol, kepada wartawan hari Rabu (13/7), merinci hasil pertama dari kampanye penggalangan dana baru yang disebut “Tentara Drone.” Dia mengatakan Ukraina pada awalnya berusaha untuk membeli 200 drone militer kelas NATO tetapi membutuhkan 10 kali lebih banyak.

Pejuang Ukraina yang kalah senjata mengeluh bahwa mereka tidak memiliki drone kelas militer yang diperlukan untuk mengalahkan gangguan Rusia dan pembajakan yang dikendalikan radio. Model sipil yang paling diandalkan orang Ukraina terdeteksi dan dikalahkan dengan relatif mudah. Dan tidak jarang artileri Rusia menghujani operator mereka dalam beberapa menit setelah drone terdeteksi.

Dibandingkan dengan bulan-bulan awal perang, Bendett sekarang melihat lebih sedikit bukti drone Rusia ditembak jatuh. "Orang-orang Ukraina berada di ujung tanduk," katanya.

Pasukan Ukraina pada pekan-pekan awal perang, drone penjatuh bom berpemandu laser Bayraktar TB-2 buatan Turki, menjadi kurang efektif dalam menghadapi pertahanan udara dan elektronik Rusia yang lebih rapat di Ukraina timur. Itu adalah bintang dari banyak video Ukraina patriotik.

“Rusia berada dalam posisi yang jauh lebih baik karena mereka menerbangkan drone jarak jauh” yang dirancang untuk menghindari tindakan balasan elektronik, kata seorang pemimpin unit pengintaian udara Ukraina baru-baru ini kepada wartawan Associated Press di luar Bakhmut dekat garis depan.

Di darat, unit peperangan elektronik Rusia yang lebih banyak dapat memutuskan komunikasi pilot drone, mengganggu video langsung dan menjatuhkan kendaraan dari langit atau, jika memiliki teknologi pelacak, memaksanya mundur.

Oleh karena itu, naik kebutuhan akan drone canggih yang dapat bertahan dari gangguan radio dan gangguan GPS serta mengandalkan komunikasi satelit dan teknologi lain untuk kontrol dan navigasi.

Ukraina Perlu 1.000 Drone

Kebutuhan paling mendesak Ukraina adalah drone yang dapat membantu artileri Barat jarak jauh yang baru tiba mencapai target yang jauh, kata Kapten Marinir, Lt. Maksym Muzyka, pendiri UA Dynamics, pembuat drone Ukraina.

Pada pertengahan Juni, seorang penasihat utama Presiden Volodymyr Zelenskyy merinci dalam sebuah tweet yang mencantumkan berbagai persenjataan yang diinginkan bahwa Ukraina membutuhkan 1.000 drone jika ingin mengakhiri perang.

Stok drone militer jarak jauh Rusia melebihi Ukraina, tetapi pasokan Kremlin juga berkurang. Pasukan Rusia juga menerbangkan quadcopters seharga US$ 2.000, sering dipasok oleh kerabat dan sukarelawan tentara, menurut posting media sosial yang dilacak oleh peneliti drone Faine Greenwood.

Seorang wakil perdana menteri Rusia yang mengawasi industri senjata Kremlin menyesalkan dalam sebuah wawancara TV bulan lalu bahwa pengembangan pesawat tak berawak sebelum perang tidak lebih kuat. Yuri Borisov juga mengatakan Rusia sedang meningkatkan pembuatan berbagai macam drone “meskipun itu tidak dapat dilakukan secara instan.”

Rusia telah kehilangan sekitar 50 model drone yang paling banyak, Orlan-10, tetapi tampaknya memiliki lusinan atau lebih, kata Bendett.

Sebuah laporan baru dari think tank RUSI Inggris menempatkan umur rata-rata drone Ukraina saat ini sekitar sepekan. Unit perang elektronik Rusia “menerapkan batasan signifikan pada pengintaian Ukraina secara mendalam”, dan Ukraina sangat membutuhkan drone pembunuh pencari radar yang dapat menghancurkan musuh.

Seperti berdiri, pasukan Rusia “umumnya mampu membawa tembakan artileri akurat ke target (Ukraina) tiga sampai lima menit” setelah drone pengintai telah mengidentifikasi mereka.

Perang tidak mungkin menghasilkan lebih banyak cerita tentang operator pesawat tak berawak sipil seperti remaja yang bermain drone pengintainya membantu militer Ukraina yang menghancurkan konvoi kendaraan lapis baja Rusia yang bergerak menuju ibu kota, Kiev, dalam sepekan setelah invasi 24 Februari.

Mengoperasikan drone itu di garis depan hari ini sangat berisiko. Seorang operator pesawat tak berawak Ukraina yang menggunakan tanda panggilan Maverick mengatakan rekan pilotnya sering pergi jauh di belakang garis musuh. Jika tidak, drone mereka tidak memiliki jangkauan untuk memperbaiki tembakan artileri Ukraina. Itu menempatkan mereka terus-menerus dalam pandangan artileri musuh.

Jenis Drone Yang Digunakan

AS dan sekutu Barat lainnya telah mengirimkan ratusan drone, termasuk sejumlah "kamikaze" Switchblade 600 yang tidak ditentukan yang membawa hulu ledak penghacur tank. Mereka bisa terbang dengan kecepatan 70 mph dan menggunakan kecerdasan buatan untuk melacak target. Tetapi jangkauan mereka terbatas, dan mereka hanya dapat bertahan di ketinggian sekitar 40 menit.

Potensi utilitas yang lebih besar untuk mencapai tempat penimbunan amunisi dan pos komando Rusia adalah 121 drone militer canggih yang disebut Phoenix Ghosts yang diperoleh AS untuk Ukraina pada bulan Mei.

Spesifikasi mereka sebagian besar rahasia, tetapi mereka dapat terbang selama enam jam, menghancurkan kendaraan lapis baja dan memiliki kamera inframerah untuk misi malam, kata pensiunan Angkatan Udara, Letnan Jenderal David Deptula, anggota dewan Aevex Aerospace, pabrikan.

Drone lain yang cocok untuk pengintaian dan artileri termasuk Furia buatan Ukraina, yang masing-masing berharga US$25.000.

Sekitar 70 persen dari sekitar 200 Furia yang dibeli Ukraina setelah Rusia memulai permusuhan pada 2014 telah jatuh, kata Artem Vyunnyk, CEO pabrikan, Athlon Avia. Produksi dilanjutkan di pabrik baru, katanya, tetapi pemasok domestik saja tidak dapat mulai mengisi kekurangan drone Ukraina.

Staf Umum militer Ukraina tidak menanggapi pertanyaan tentang pesawat udara tak berawak yang dicarinya dari sekutu. Juru bicara Pentagon, Jessica Maxwell, juga menolak mengomentari permintaan drone Ukraina.

Tetapi Shchygol, kepala layanan komunikasi khusus negara Ukraina, menjelaskan pada Rabu bahwa prioritasnya termasuk drone “kamikaze” dan model yang mampu bertahan dari tirai tebal perang elektronik Rusia.

Awal Penggunaan Drone

Rudal pertama yang ditembakkan ke musuh oleh pesawat tak berawak AS terjadi pada tahun 2001 melawan Taliban di Afghanistan. Sejak itu, drone telah menjadi bagian integral dari perang modern, termasuk dalam perang saudara Suriah dan perang singkat namun intens pada tahun 2020 antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karbakh yang disengketakan.

Peralatan anti drone yang dipasok ke Ukraina oleh perusahaan-perusahaan Barat termasuk peralatan yang tidak hanya dapat mengidentifikasi lokasi drone tetapi juga merek dan modelnya berdasarkan frekuensi radio yang digunakannya. Ia kemudian tahu cara terbaik untuk menonaktifkan drone.

Permainan kucing-dan-tikus elektromagnetik yang semakin kompleks menjadikan perang di Ukraina wadah inovasi teknologi militer terbaru di dunia.

“Semua orang sekarang menginginkan drone, drone khusus, tidak dapat dijamah, dan apa pun,” kata Thorsten Chmielus, CEO perusahaan Jerman Aaronia, yang telah menyumbangkan teknologi ke Ukraina.

Kemajuan pesat mengarah pada mimpi buruknya: "Setiap orang akan memiliki jutaan drone yang tidak dapat dikalahkan." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home