Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:38 WIB | Selasa, 20 Juni 2023

Oposisi Rusia Serukan Melawan Tindakan Kremlin di Ukraina

Alexei Navalny diadili secara tertutup dan dituduh melakukan ekstremisme.
Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, kiri ke-2 duduk di antara pengacaranya di layar TV di ruang sidang, melalui tautan video yang disediakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Federal Rusia, selama sidang pendahuluan, di Melekhovo, wilayah Vladimir, sekitar 260 kilometer (163 mil) timur laut Moskow, Rusia, pada Senin, 19 Juni 2023. Pengadilan Rusia telah membuka persidangan baru terhadap pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara, Alexei Navalny, yang dapat menahannya di balik jeruji besi selama beberapa dekade. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara, Alexei Navalny, pada hari Senin (19/6) mendesak para pendukungnya untuk memulai kampanye luas melawan tindakan Moskow di Ukraina saat dia diadili atas tuduhan baru ekstremisme yang dapat menahannya di balik jeruji besi selama beberapa dekade.

Persidangan dimulai di dalam koloni hukuman dengan keamanan maksimum di Melekhovo, 250 kilometer (150 mil) timur Moskow, tempat Navalny, 47 tahun, menjalani hukuman sembilan tahun karena penipuan dan penghinaan terhadap pengadilan, tuduhan yang menurutnya bermotivasi politik. Segera setelah dimulai, hakim menutup persidangan meskipun ada permintaan Navalny untuk tetap membukanya.

Dalam pernyataan yang diposting di media sosial oleh sekutunya, Navalny menyatakan bahwa keputusan untuk menutup persidangan adalah tanda ketakutan oleh Presiden Vladimir Putin, dan dia mengumumkan dimulainya kampanye melawan keputusan Moskow untuk mengirim pasukan ke Ukraina.

Navalny mengatakan upaya itu harus menjangkau jutaan orang untuk menjelaskan dampak bencana dari pertempuran itu dan “memerangi kebohongan Putin dan kemunafikan Kremlin.” Dia berargumen bahwa meskipun ada tindakan keras tanpa henti terhadap perbedaan pendapat, kampanye semacam itu dapat dilakukan secara efisien pada aplikasi perpesanan di luar kendali pihak berwenang.

“Tidak seorang pun kecuali kami yang dapat memasuki pertarungan ini untuk hati dan pikiran warga negara kami, jadi kami harus melakukannya dan menang,” kata Navalny.

Navalny, yang mengungkap korupsi pejabat dan mengorganisir protes anti Kremlin besar-besaran, ditangkap pada Januari 2021 saat kembali ke Moskow setelah memulihkan diri di Jerman dari keracunan racun saraf yang dia salahkan pada Kremlin.

Mengenakan pakaian penjaranya, Navalny tampak kurus pada sesi tersebut tetapi berbicara dengan tegas tentang kelemahan kasus negara bagian dan memberi isyarat dengan penuh semangat.

Navalny mengatakan tuduhan ekstremisme baru, yang dia tolak sebagai "tidak masuk akal", dapat menahannya di penjara selama 30 tahun lagi. Dia mengatakan seorang penyelidik mengatakan kepadanya bahwa dia juga akan menghadapi pengadilan militer terpisah atas tuduhan terorisme yang berpotensi membawa hukuman seumur hidup.

Pengadilan Kota Moskow, yang membuka sidang di Koloni Penjara No. 6, tidak mengizinkan wartawan di ruang sidang dan mereka menonton persidangan melalui umpan video dari gedung terpisah. Orang tua Navalny juga ditolak aksesnya ke pengadilan dan mengikuti persidangan dari jarak jauh.

Sidang Tertutup

Navalny dan pengacaranya mendesak hakim untuk mengadakan persidangan terbuka, dengan alasan bahwa pihak berwenang sangat ingin merahasiakan detail persidangan untuk menutupi kelemahan kasus tersebut.

“Para penyelidik, jaksa, dan pihak berwenang pada umumnya tidak ingin publik mengetahui tentang persidangan tersebut,” kata Navalny.

Jaksa Nadezhda Tikhonova meminta hakim untuk melakukan persidangan secara tertutup, dengan alasan masalah keamanan. Hakim setuju dan wartawan diminta untuk meninggalkan tempat itu.

Ditanya tentang keputusan untuk menutup persidangan, ayah Navalny, Anatoly, mengatakan kepada wartawan bahwa itu menunjukkan kurangnya rasa malu, hati nurani, dan martabat.

Kantor berita negara Rusia dan media lain melaporkan persidangan tersebut, tetapi stasiun TV yang dikontrol pemerintah yang paling banyak ditonton tidak meliputnya.

Tuduhan baru terkait dengan aktivitas yayasan antikorupsi Navalny dan pernyataan rekan-rekan utamanya. Sekutunya mengatakan tuduhan itu secara surut mengkriminalisasi semua kegiatan yayasan Navalny sejak didirikan pada 2011.

Salah satu rekan Navalny, Daniel Kholodny, dipindahkan dari penjara lain untuk diadili bersamanya.

Navalny telah menghabiskan waktu berbulan-bulan di sel kecil satu orang, juga disebut "sel hukuman," karena dugaan pelanggaran disiplin seperti dugaan kegagalan mengancingkan pakaian penjaranya dengan benar, memperkenalkan dirinya dengan benar kepada penjaga atau mencuci wajahnya di sebuah waktu yang ditentukan.

Rekan dan pendukung Navalny menuduh otoritas penjara gagal memberinya bantuan medis yang layak dan menyuarakan keprihatinan tentang kesehatannya.

Saat persidangan Navalny dimulai, kantor Kejaksaan Agung menyatakan kelompok hak asasi manusia Agora yang berbasis di Bulgaria sebagai organisasi yang "tidak diinginkan". Dikatakan kelompok itu menimbulkan "ancaman terhadap tatanan konstitusional dan keamanan nasional" dengan menuduh pelanggaran hak asasi manusia dan menawarkan bantuan hukum kepada anggota gerakan oposisi.

Otoritas Rusia telah melarang lusinan organisasi non pemerintah dalam dan luar negeri dengan alasan yang sama.

Kritikan dari Pemerintah Jerman

Di Berlin, pemerintah Jerman mengkritik persidangan Navalny dan mengulangi seruannya untuk segera dibebaskan. "Dalam kasus politisi oposisi Alexei Navalny, pihak berwenang Rusia terus mencari alasan baru untuk memperpanjang penahanannya," kata juru bicara pemerintah Wolfgang Buechner kepada wartawan.

“Pemerintah Jerman terus menuntut otoritas Rusia agar mereka membebaskan Nava lny tanpa penundaan, ”tambahnya. “Pemenjaraan Navalny didasarkan pada putusan bermotif politik, seperti yang diputuskan oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa pada tahun 2017.”

Ditanya apakah Jerman dapat memberikan bantuan apa pun kepada Navalny atau mengamati persidangan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Christian Wagner mengatakan para pejabat Jerman melakukan apa yang mereka bisa "di beberapa saluran yang kami miliki", tetapi mengakui itu "sangat sulit saat ini" mengingat keadaan hubungan saat ini dengan Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home