Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:00 WIB | Kamis, 20 Oktober 2022

Rusia Tahan 150 Karyawan Pembangkit Listrik Nuklir Ukraina

Pemandangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, di Enerhodar, wilayah Zaporizhzhia, di wilayah di bawah kendali militer Rusia, Ukraina tenggara, pada 1 Mei 2022. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kepala badan nuklir negara Ukraina Energoatom mengatakan hari Rabu (19/10)  bahwa sekitar 50 karyawan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Moskow di Ukraina selatan ditahan di penangkaran Rusia.

“Lebih dari 150 orang dari staf pabrik ditangkap” sejak dimulainya invasi Rusia pada akhir Februari, Petro Kotin mengatakan kepada AFP, menambahkan bahwa “beberapa dari mereka kemudian dibebaskan, tetapi ada yang nasibnya masih belum diketahui.

“Sekitar 50 orang masih ditahan,” katanya. "Mereka adalah karyawan pabrik."

“Mereka secara berkala menculik karyawan pabrik,” kata Kotin dalam sebuah wawancara, mengingatkan bahwa direktur jenderal pabrik, Igor Murashov, telah ditahan selama beberapa hari sebelum dibebaskan awal bulan ini.

“Dia telah ditahan di ruang bawah tanah selama tiga hari. Bukankah itu siksaan jika dia duduk di kursi selama sehari dengan tas di atas kepalanya? Kotin mengatakan tentang Murashov, memuji peran Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), dalam rilisnya.

Pada hari Selasa Energoatom menuduh Rusia menahan dua karyawan senior pabrik Zaporizhzhia, kepala teknologi informasi Oleg Kostyukov dan asisten direktur umum pabrik Oleg Osheka.

Perusahaan mengatakan di media sosial bahwa mereka "diculik" dan dibawa "ke tujuan yang tidak diketahui."

Pekan lalu Energoatom mengatakan Rusia menahan dan menganiaya wakil direktur jenderal pabrik untuk sumber daya manusia, Valeriy Martyniuk.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa malam, IAEA, yang memiliki pakar di lokasi nuklir, mengumumkan bahwa Martyniuk telah dibebaskan.

Kotin mengatakan kepada AFP pada hari Rabu bahwa Martyniuk “telah ditahan selama empat atau lima hari dan dipaksa untuk menandatangani pernyataan bahwa dia setuju dengan kebijakan (Rusia) mereka” di pabrik tersebut.

Kotin kembali menegaskan bahwa dari 150 orang yang ditangkap ada yang “dibunuh” dan ada yang “disiksa”. Kotin mengatakan perusahaan akan menerbitkan “dalam beberapa hari mendatang” daftar semua orang yang telah ditahan.

Pasukan Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pada awal Maret, pada hari-hari awal invasi Rusia ke Ukraina.

Moskow dan Kiev telah saling menyalahkan selama berbulan-bulan atas penembakan di dekat fasilitas yang dikuasai Rusia, memicu kekhawatiran akan bencana nuklir dan mendorong seruan untuk melakukan de-militerisasi di sekitar fasilitas atom di Ukraina. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home