Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Jumat, 28 April 2023

Ukraina Kembangkan Teknologi Militer untuk Hadapi Invasi Rusia

Ukraina Kembangkan Teknologi Militer untuk Hadapi Invasi Rusia
Sistem pesawat udara tak berawak 'Hiu' ditampilkan di pameran yang menunjukkan beberapa teknologi Ukraina digunakan di medan perang sebagai bagian dari presentasi inisiatif baru yang disebut BRAVE1, yang diadakan di tempat parkir bawah tanah di Kiev, Ukraina, Rabu, 26 April 2023. Pemerintah Ukraina pada hari Rabu meluncurkan inisiatif yang dimaksudkan untuk merampingkan dan mempromosikan inovasi dalam pengembangan drone dan teknologi lain yang sangat penting dalam perang dengan Rusia. (Foto-foto: AP/Hanna Arhirova)
Ukraina Kembangkan Teknologi Militer untuk Hadapi Invasi Rusia
Kendaraan darat tak berawak 'Gnom' ditampilkan di pameran yang menunjukkan beberapa teknologi Ukraina digunakan di medan perang sebagai bagian dari presentasi inisiatif baru yang disebut BRAVE1, yang diadakan di tempat parkir bawah tanah di Kyiv, Ukraina, Rabu, 26 April 2023.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Ukraina pada Rabu (26/4) meluncurkan inisiatif baru yang dimaksudkan untuk merampingkan dan mempromosikan inovasi dalam pengembangan drone dan teknologi lain yang sangat penting dalam perang dengan Rusia.

Sebagai bagian dari prakarsa yang dijuluki BRAVE1, pemerintah berharap untuk menyatukan pengembang negara, militer, dan sektor swasta yang bekerja pada masalah pertahanan ke dalam kelompok teknologi yang akan memberi Ukraina keuntungan medan perang.

“Mengingat musuh yang berada tepat di samping kita dan skalanya, kita pasti perlu mengembangkan teknologi militer agar kita dapat mempertahankan diri,” kata Mykhailo Fedorov, Menteri Transformasi Digital Ukraina.

Fedorov mengatakan kepada The Associated Press menjelang pengumuman resmi hari Rabu bahwa pemerintah telah mengalokasikan lebih dari 100 juta hryvnia (setara Rp 40 miliar) untuk mendanai proyek-proyek yang berpotensi membantu Ukraina memenangkan konflik 14 bulan.

“Ada banyak orang di medan perang sekarang dari generasi muda yang dapat bekerja dengan teknologi, dan mereka membutuhkannya,” katanya.

Nama cluster teknologi pertahanan mengacu pada keberanian Ukraina dalam perang yang dimulai Rusia, kata Menteri Pertahanan, Oleksii Reznikov, selama presentasi.

Dia mengatakan Ukraina berjuang untuk kemerdekaan dalam kemampuan militernya dan BRAVE1 dapat menjadi langkah untuk mencapainya. Pekan lalu Reznikov bertemu dengan para pemimpin pertahanan dari seluruh dunia di Jerman untuk mengoordinasikan bantuan militer tambahan ke Ukraina.

“Kita tidak boleh bergantung pada kehendak bebas mitra kita,” katanya. “Kita harus menginvestasikan sumber daya ke dalam kemandirian kita sehingga kita dapat mempertahankan diri kita sendiri.”

Presentasi diadakan di tempat parkir bawah tanah dan menampilkan beberapa teknologi Ukraina yang sudah digunakan di medan perang, seperti kendaraan darat tak berawak, sistem robot untuk mengidentifikasi ranjau darat, dan sistem pesawat udara tak berawak.

Baik Ukraina dan Rusia sering menggunakan kendaraan udara tak berawak untuk pengintaian dan serangan. Rusia secara ekstensif menggunakan drone peledak Shahed-136 jarak jauh buatan Iran, untuk merusak pembangkit listrik Ukraina dan menimbulkan ketakutan pada warga sipil. Pemerintah Ukraina meluncurkan penggalangan dana publik tahun lalu meminta donor asing untuk membantunya membangun "pasukan drone."

Kepala kota pelabuhan Sevastopol di Krimea yang ditunjuk Moskow, Mikhail Razvozhayev, melaporkan pekan ini bahwa pasukan Rusia menghancurkan drone laut Ukraina yang berusaha menyerang pelabuhan dan satu lagi meledak. Pejabat Ukraina berhenti secara terbuka mengklaim tanggung jawab, seperti yang telah mereka lakukan setelah serangan sebelumnya di Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Oleksandr Kviatkovskyi, anggota dewan nirlaba inovasi militer robotik dan netcentric Aerorozvidka, melihat BRAVE1 sebagai platform yang dapat digunakan militer untuk mengomunikasikan kebutuhan perang elektroniknya dan memberikan dukungan strategis kepada industri teknologi militer.

“Bahkan satu tahun untuk mengembangkan produk, itu waktu yang sangat singkat,” katanya. Namun, Kviatkovskyi tidak yakin bahwa platform semacam itu dapat memberikan dorongan yang signifikan untuk pengembangan teknologi perang.

"Kalaupun ada, itu akan minimal," katanya. “Beberapa hal bisa lebih efektif daripada dorongan yang diciptakan oleh tank-tank di dekat Kiev,” katanya, merujuk pada bagaimana pasukan Ukraina mencegah pasukan Rusia menyerbu ibu kota selama pekan-pekan pertama perang.

Fevzi Ametov, seorang tentara Ukraina dan salah satu pendiri Drone.ua, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam drone, mengatakan bisnis dan insinyur mereka sudah mencoba memasukkan umpan balik dari personel militer ke dalam produk mereka.

“Setiap serangan tanpa drone, saat ini, seperti menjadi buta di ladang ranjau, dan Anda tidak tahu apa yang menunggu di tikungan,” katanya. “Teknologi membantu menyelamatkan nyawa.”

Dalam hal Drone, Ukaina Hampir Setara dengan Rusia

Ametov mengatakan Ukraina menginvestasikan lebih banyak sumber daya dalam teknologi militer daripada sebelum invasi Rusia. Dia mendasarkan penilaiannya pada berbagai model drone yang telah dicoba oleh unitnya.

“Kami selalu memiliki sesuatu yang baru untuk diuji, untuk memahami apakah itu diperlukan untuk unit kami atau tidak,” katanya.

Ametov, yang berasal dari Krimea, bertempur di garis depan perang Ukraina sambil tetap terlibat dalam menjalankan perusahaannya, yang diharapkan dapat berperan sebagai penasihat dalam inisiatif BRAVE1.

Perusahaannya mendistribusikan senjata anti drone portabel yang menggunakan sinyal radio untuk menghentikan drone dan menjatuhkannya. Menurut Ametov, pasukan Ukraina menggunakan ratusan senjata seharga US$12.000 (setara Rp 180 juta), yang dapat beroperasi hingga 30 menit dengan satu baterai yang terisi penuh, “dengan semakin banyak yang datang.”

“Setiap pihak mencoba menggunakan drone sebanyak mungkin,” kata Ametov. “Saat Anda tetap di posisi itu, inilah satu-satunya cara untuk melindungi diri Anda dari drone.”

Untuk saat ini, Ukraina dan Rusia hampir setara dalam kemampuan mereka untuk menggunakan drone menurut Fedorov. Namun saat menghadapi musuh yang memiliki lebih banyak pasukan dan peralatan, Ukraina harus berjuang untuk keunggulan teknologi, katanya.

“Tidak peduli seberapa besar semangat Anda untuk mempertahankan negara Anda, Anda secara fisik tidak dapat melakukannya,” kata menteri.

“Itulah mengapa penting untuk membangun institusi, sehingga kami dapat mengubah energi semua sukarelawan, bisnis, dan warga aktif menjadi proyek besar yang nyata yang akan terus berjalan selama beberapa dekade,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home