Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:31 WIB | Senin, 29 Januari 2024

Rusia Tidak Tunjukan Bukti Pasukan Ukraina Serang Pesawat Bawa 65 Tawanan Perang

Dalam foto yang diambil dari video yang dirilis Komite Investigasi Rusia pada Jumat, 26 Januari 2024, pegawai Komite Investigasi Rusia berjalan di lokasi jatuhnya pesawat militer Rusia Il-76 di dekat Yablonovo, wilayah Belgorod Rusia, Kamis, 25 Januari 2024. (Foto: Komite Investigasi Rusia via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Para pejabat di Ukraina mengatakan Rusia tidak memberikan bukti yang dapat dipercaya untuk mendukung klaimnya bahwa pasukan Ukraina menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer yang menurut Moskow membawa tawanan perang Ukraina yang akan ditukar dengan tawanan perang Rusia.

Badan Ukraina yang menangani pertukaran tahanan mengatakan Jumat (26/1) malam bahwa para pejabat Rusia “sangat terlambat” memberikan daftar 65 warga Ukraina yang menurut Moskow tewas dalam kecelakaan pesawat di wilayah Belgorod Rusia pada hari Rabu (24/1).

Staf Koordinasi Ukraina untuk Perlakuan terhadap Tawanan Perang mengatakan bahwa keluarga para tawanan perang yang disebutkan namanya tidak dapat mengidentifikasi orang yang mereka cintai dalam foto lokasi kecelakaan yang disediakan oleh pihak berwenang Rusia.

Laporan terbaru badan tersebut mengutip kepala intelijen militer Ukraina, Letkol Kyrylo Budanov, yang mengatakan bahwa Kiev tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi tentang siapa yang berada di dalam pesawat tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa rudal yang ditembakkan dari seberang perbatasan menjatuhkan pesawat angkut yang dikatakan membawa tawanan perang kembali ke Ukraina. Pihak berwenang setempat di Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, mengatakan kecelakaan itu menewaskan 74 orang di dalamnya, termasuk enam awak kapal dan tiga prajurit Rusia.

“Saat ini kami tidak memiliki bukti bahwa mungkin ada banyak orang di dalam pesawat tersebut. Klaim propaganda Rusia bahwa pesawat IL-76 mengangkut 65 tawanan perang Ukraina (menuju) untuk pertukaran tahanan terus menimbulkan banyak pertanyaan,” kata Budanov.

Pengguna media sosial di wilayah Belgorod memposting video pada hari Rabu yang menunjukkan sebuah pesawat jatuh dari langit di daerah pedesaan yang bersalju, dan bola api besar meletus di tempat yang tampaknya menyentuh tanah.

Kiev tidak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa pasukannya menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer Rusia pada hari itu, dan klaim Rusia bahwa kecelakaan tersebut menewaskan tawanan perang Ukraina tidak dapat diverifikasi secara independen.

Putin: Rusia Sedang Menyelidiki Kotak Hitam

Sebelumnya pada hari Jumat (26/1), Mykola Oleshchuk, komandan angkatan udara Ukraina, menggambarkan pernyataan Moskow sebagai “propaganda Rusia yang merajalela.”

Pejabat Ukraina awal pekan ini mengkonfirmasi bahwa pertukaran tahanan akan dilakukan pada hari Rabu, namun mengatakan hal itu dibatalkan. Mereka mengatakan Moskow tidak meminta wilayah udara tertentu tetap aman untuk jangka waktu tertentu, seperti yang terjadi pada pertukaran tahanan di masa lalu.

Juru bicara Komite Palang Merah Internasional di Ukraina mendesak Rusia pada Jumat (26/1) malam untuk mengembalikan jenazah tawanan perang yang mungkin tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Dalam wawancara langsung dengan Radio Free Europe/Radio Liberty yang didanai Amerika Serikat, Petugas Hubungan Media Palang Merah, Oleksandr Vlasenko, juga mengatakan bahwa “sangat sedikit waktu” yang berlalu antara laporan awal kecelakaan itu dan pernyataan Moskow bahwa pihaknya siap mengembalikan jenazah tawanan perang Ukraina.

Meski Ukraina dan Rusia rutin melakukan pertukaran jenazah tentara, setiap pertukaran memerlukan persiapan yang matang, kata Vlasenko.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyerukan penyelidikan internasional atas kecelakaan itu. Rusia memiliki akses tunggal ke lokasi jatuhnya pesawat.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji pada hari Jumat untuk mempublikasikan temuan investigasi kecelakaan Moskow. Dalam pernyataan publik pertamanya tentang kecelakaan itu, Putin mengulangi komentar para pejabat Rusia sebelumnya bahwa “segala sesuatunya telah direncanakan” untuk pertukaran tahanan pada hari ketika pesawat itu jatuh.

“Mengetahui (tawanan perang berada di dalam pesawat), mereka menyerang pesawat ini. Saya tidak tahu apakah mereka melakukannya dengan sengaja atau karena kesalahan, karena kesembronoan,” kata Putin tentang Ukraina pada pertemuan dengan mahasiswa di St. Petersburg.

Dia tidak memberikan rincian untuk mendukung tuduhan bahwa Kiev-lah yang harus disalahkan, namun mengatakan perekam penerbangan pesawat telah ditemukan. “Ada kotak hitam, semuanya sekarang akan dikumpulkan dan diperlihatkan,” kata Putin.

Dukungan Uni Eropa

Ketika perang hampir mencapai dua tahun, Ukraina sangat ingin menunjukkan momentum kepada Amerika Serikat dan sekutu Barat lainnya yang memasok senjata dan bantuan lainnya kepada negara tersebut. Serangan balasan tahun lalu untuk merebut wilayah pendudukan Rusia tidak membuahkan hasil besar.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Lituania, di Kiev pada hari Sabtu (27/1). Dalam konferensi pers bersama, keduanya menyebutkan kemajuan dalam produksi drone bersama dan menghidupkan kembali dana Uni Eropa untuk membayar bantuan militer setelah para pemimpin blok tersebut pada bulan Desember menunda perjanjian untuk menambah dana tersebut.

Kuleba mengatakan ada “pemahaman yang jelas” antara dia dan Menteri Luar Negeri Lituania, Gabrielius Landsbergis, tentang cara menyediakan lebih banyak drone untuk tentara Ukraina. “Lithuania memiliki teknologinya; kami memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi. Itu adalah topik kuncinya,” katanya.

Kuleba dan Landsbergis juga mengatakan bahwa Kiev dan mitra-mitranya di UE semakin dekat untuk menyediakan lebih banyak dana dari Fasilitas Perdamaian Eropa untuk senjata jangka panjang, amunisi, dan pengiriman bantuan militer lainnya ke Ukraina. UE menyiapkan dana tersebut pada tahun 2021 untuk membiayai resolusi konflik dan inisiatif keamanan

Beberapa anggota UE, termasuk Jerman dan Prancis, mengatakan bahwa blok tersebut beranggotakan 27 negara untuk memikirkan kembali bagaimana mereka mendapatkan senjata yang ditransfer ke Ukraina. Mereka menyebutkan peralihan dari pasokan senjata dari stok nasional masing-masing negara ke proses pengadaan langsung.

Kuleba mengatakan bahwa memulai kembali pengiriman bantuan akan membuat Kiev semakin dekat untuk merebut kembali kendali atas langit Ukraina dari angkatan udara Rusia yang jauh lebih besar dan lebih modern. Hal ini akan membantu Ukraina menangkal serangan rudal dan drone Rusia secara massal, seperti rekor serangan yang diluncurkan pada akhir pekan Tahun Baru, dan memberikan perlindungan udara untuk potensi operasi ofensif.

Lituania, negara Eropa timur yang menghabiskan waktu puluhan tahun di bawah dominasi Rusia dan Uni Soviet, telah menjadi salah satu sekutu paling setia Ukraina sejak Moskow melancarkan perang skala penuh pada Februari 2022. Landsbergis berjanji bahwa dukungan dari pemerintah di Vilnius akan terus berlanjut.

“Kami tidak akan pernah membayar harga yang Anda bayar untuk keamanan,” katanya, ditujukan kepada Kuleba dan masyarakat Ukraina. “Jadi… Saya hanya bisa meminta maaf karena kami hanya bisa berbuat banyak, tapi kami akan tetap melakukan apa yang kami bisa.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home