Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:25 WIB | Senin, 29 Januari 2024

Baku Tembak dengan Militer Filipina, Sembilam Milisi Islam Tewas

Foto yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Lanao Del Sur - Kantor Penerangan Publik, Gubernur Mamintal Bombit Alonto Adiong Jr., kedua dari kiri, berbincang dengan aparat penegak hukum di lokasi ledakan di kota Marawi, Filipina selatan pada 3 Desember. , 2023. Pasukan Filipina membunuh beberapa tersangka militan Muslim di wilayah selatan yang bergejolak, termasuk beberapa tersangka utama dalam serangan bom bulan lalu yang menewaskan empat jamaah Kristen, kata tentara Sabtu, 27 Januari 2024. (Foto: dok. Pemerintah Provinsi Lanao Del Sur - Kantor Informasi Publik via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Filipina membunuh sembilan tersangka militan Muslim di wilayah selatan yang bergejolak, termasuk dua tersangka utama dalam serangan bom bulan lalu yang menewaskan empat jamaah Kristen, kata tentara pada Sabtu (27/1).

Empat petugas terluka ringan dalam operasi hari Kamis (25/1) melawan kelompok Dawlah Islamiyah, sebuah kelompok kecil yang bersekutu dengan kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah), di desa pedalaman Taporug dekat kota Piagapo di provinsi Lanao del Sur, kata juru bicara militer, Kolonel Louie Dema-ala.

Pasukan Angkatan Darat bentrok dengan sekitar 15 militan dalam serangkaian baku tembak dari Kamis hingga Jumat(26/1) setelah beberapa penduduk desa memberi tahu militer tentang kehadiran mereka, kata Dema-ala, dan menambahkan bahwa militan yang masih hidup melarikan diri dan dikejar.

Mayor Jenderal Gabriel Viray III, seorang komandan divisi infanteri angkatan darat, mengatakan para militan mundur dari baku tembak sengit sampai mereka terjebak di sebuah rumah pedesaan, di mana mereka mencoba melawan sebelum dijatuhkan.

“Kami menyerukan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berkolaborasi dengan tentara dan otoritas pemerintah saat kami secara kolektif berupaya menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok teroris lokal,” kata militer dalam sebuah pernyataan.

Delapan dari sembilan jenazah telah diidentifikasi, termasuk Saumay Saiden dan Abdul Hadi, yang termasuk di antara tersangka pemboman pada 3 Desember yang menewaskan empat jamaah Kristen dan melukai puluhan lainnya saat Misa Minggu di gimnasium universitas milik negara di kota Marawi selatan, tambahnya.

Hadi diduga merakit bom tersebut, yang menurut penyidik polisi terdiri dari mortir 60 mm dan granat senapan, kata Dema-ala kepada wartawan.

Sebuah video pasca pertempuran, yang ditunjukkan oleh seorang pejabat intelijen pemerintah kepada The Associated Press, memperlihatkan sembilan mayat tergeletak berdampingan di dekat kumpulan gubuk-gubuk pedesaan yang dikelilingi oleh pohon pisang ketika petugas militer memeriksa masing-masing mayat.

Kepala staf militer, Jenderal Romeo Brawner, mengatakan “operasi ini memberikan preseden yang jelas: Angkatan Bersenjata Filipina tidak akan mentolerir mereka yang membahayakan kehidupan dan kesejahteraan rakyat kami.”

“Beberapa pihak yang tersisa akan menghadapi kekuatan penuh dan tekad kami yang tak tergoyahkan dalam meminta pertanggungjawaban setiap individu yang bertanggung jawab,” kata Brawner.

Wilayah Mindanao di Filipina selatan adalah rumah bagi minoritas Muslim dan telah menjadi tempat pemberontakan separatis selama puluhan tahun.

Pemboman kota Marawi pada bulan Desember adalah kekerasan terkait pemberontakan paling berdarah sejauh ini di bawah pemerintahan Presiden Ferdinand Marcos Jr. Dia menyalahkan “teroris asing” atas serangan tersebut, yang memicu alarm keamanan, termasuk di ibu kota, Manila. Pasukan pemerintah disiagakan pada saat itu, karena negara yang sebagian besar beragama Katolik Roma itu menyambut musim Natal yang sibuk yang menandai periode perayaan perjalanan, belanja, dan kemacetan lalu lintas.

Kelompok pemberontak bersenjata terbesar, Front Pembebasan Islam Moro, menandatangani perjanjian damai dengan pemerintah pada tahun 2014, sehingga mengurangi pertempuran selama puluhan tahun. Namun kelompok bersenjata yang lebih kecil seperti Dawlah Islamiyah menolak perjanjian perdamaian dan berjuang untuk terus melakukan pemboman dan serangan lainnya sambil menghindari serangan pemerintah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home