Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:32 WIB | Senin, 27 Mei 2024

Salib di Katedral Notre Dame Paris Dipasang Kembali di Tengah Upaya Restorasi

Para pekerja merayakan setelah pemasangan kembali salib chevet setinggi 12 meter (39,3 kaki) dipasang di atas katedral Notre Dame di Paris pada hari Jumat (24/5). Peristiwa ini menandai tonggak penting lainnya menjelang pembukaan kembali katedral untuk umum pada bulan Desember. (Foto: AP/Thibault Camus)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Salib di puncak Notre-Dame de Paris, Prancis, yang selamat dari kebakaran dahsyat tahun 2019, dipasang kembali di atas kerangka katedral pada hari Jumat (24/5) setelah restorasi yang cermat oleh pekerja besi artistik dari Normandia.

Salib megah dengan panjang 12 meter dan berat 1,5 ton ini merupakan satu-satunya elemen atap paduan yang tahan api.

Sekitar 250 perusahaan dan ratusan pengrajin, arsitek, dan profesional telah berkontribusi pada proyek restorasi yang sedang berlangsung, yang bertujuan untuk membuka kembali katedral pada 8 Desember 2024.

Kebakaran yang terjadi pada 15 April 2019 menyebabkan runtuhnya puncak menara Notre-Dame dan sebagian atapnya. Lima tahun kemudian, restorasi telah mencapai kemajuan yang signifikan, termasuk pemasangan kembali jarum berlapis timah di puncak menara.

Kebakaran tahun 2019 merupakan pukulan telak bagi katedral, situs warisan dunia UNESCO dan simbol agama Kristen yang dikunjungi 12 juta pengunjung setiap tahunnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home