Loading...
BUDAYA
Penulis: Tunggul Tauladan 13:55 WIB | Kamis, 02 Oktober 2014

Sambut HUT Kota, Seniman Pasang Patung di Sepanjang Malioboro

Patung kuda ini merupakan salah satu bagian dari Pameran “Jogja 258 Outdoor Sculpture Exibition 2014” untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-258 Kota Yogyakarta. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Tiga ekor patung kuda dengan dominasi warna biru terlihat cukup mencolok di sisi barat Jalan Malioboro. Patung-patung tersebut merupakan bagian dari Pameran “Jogja 258 Outdoor Sculpture Exibition 2014”, pameran untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-258 Kota Yogyakarta.

“Pameran ini murni inisiatif dari para seniman untuk memeriahkan HUT yang ke-258 Kota Yogyakarta. Pada dasarnya, kami, para seniman, ingin berbuat sesuatu untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta,” demikian disampaikan Timbul Raharjo, salah satu wakil dari seniman Yogyakarta pada Kamis (2/10).

Timbul menambahkan, para seniman membuat patung dengan dana pribadi secara sukarela. Mereka ingin menyumbang dan berbuat sesuatu yang istimewa untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta yang jatuh pada 7 Oktober 2014.

“Para seniman secara sukarela membuat patung yang ditujukan khusus untuk mempercantik Kota Yogyakarta. Dana pembuatan patung berasal dari kantong pribadi,” Timbul menjelaskan.

Pameran itu melibatkan 13 perupa dengan menampilkan 15 patung. Setiap patung memuat simbol-simbol tertentu yang menyiratkan keistimewaan Yogyakarta.

“Mulai 1-4 Oktober 2014, di sepanjang Jalan Malioboro, mulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol Kilometer akan dipasang 15 patung. Setiap patung memuat simbol-simbol tertentu tentang kekhasan dan keistimewaan Yogyakarta sekaligus simbol Yogyakarta sebagai Kota Budaya ,” ujar Timbul.

Berdasarkan pantauan satuharapan.com, beberapa karya patung telah dipasang, antara lain di Taman Parkir Abu Bakar Ali, di depan Hotel Mutiara, Ngejaman, dan Titik Nol Kilometer. Patung-patung tersebut sebagian besar dipasang di sisi barat Jalan Malioboro. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home