Loading...
SAINS
Penulis: Fransiska Sari Indah 11:20 WIB | Rabu, 24 Juli 2013

Sarapan Pagi Dapat Mencegah Serangan Jantung

Sereal merupakan makanan yang baik untuk di pagi hari (foto:BBC)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Orang yang tidak sarapan pagi lebih memungkinkan terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang memulai harinya dengan mengonsumsi makanan.

Para peneliti Amerika mengatakan bahwa sekitar 27 persen orang saat ini melewatkan saat-saat sarapannya, 27.000 di antaranya laki-laki. "Jika kita sering melewatkan sarapan pagi kita maka akan berisiko pada kesehatan jantung," kata dia.

Pria yang berusia antara 45-82 tahun menurut catatan dalam kurun waktu 16 tahun terakhir, ada 1.500 orang yang terkena serangan jantung atau gagal jantung fatal. Para peneliti juga mengatakan penyakit serangan jantung juga dapat disebabkan karena faktor gaya hidup seperti merokok dan kurangnya berolah raga.

Peneliti itu, Dr. Leah Cahill, mengatakan sebaiknya makanlah di pagi hari setelah kita bangun dan dalam jangka waktu satu jam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memakan makanan di pagi hari dapat menyehatkan dan menyeimbangkan fungsi di dalam tubuh.

Dengan sarapan pagi dapat membantu perut untuk menahan agar tidak makan sampai saat menjelang waktu makan siang. Dr Leah Cahill mengatakan jika kita tidak sarapan maka akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Mulai hari Anda dengan memakan roti bakar atau sereal seperti bubur dan susu rendah lemak. Dan tambahkan juga irisan pisang dan buah kering dalam makanan sarapan pagi Anda. Dan jangan pernah lewatkan sarapan pagi Anda. (bbc.co.uk)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home