Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 08:23 WIB | Jumat, 01 April 2016

Satgas Yonif 509/Kostrad Sumbang 27.500 Alkitab ke Papua

Penyerahan secara simbolis sumbangan Alkitab diserahkan langsung oleh Dansatgas kepada Kepala Sekolah Alkitab Mulia Bapak Pdt. Enar Wonda S.Th dengan didampingi Ketua Kalsis GIDI Mulia Pdt. Dainus Dame S.Th dan disaksikan langsung oleh para Mahasiswa Teologia.(Foto: Puspen TNI)

SATUHARAPAN.COM – Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalion Infanteri (Yonif) Raider 509/Kostrad, saat melaksanakan tugas di Papua memberikan sumbangan Alkitab sebanyak 27.500 buah, di Sekolah Alkitab Mulia, Kabupaten Puncak Jaya pada hari Kamis (31/3).

Raider 509/Kostrad ini bermarkas di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sumber Sari,  Kabupaten Jember, Jawa Timur dan di bawah pimpinan Dansatgas  Mayor Inf Beny Setiyanto.

Penyerahan secara simbolis sumbangan Alkitab diserahkan langsung oleh Dansatgas kepada Kepala Sekolah Alkitab Mulia Pdt. Enar Wonda S.Th dengan didampingi Ketua Klasis GIDI Mulia Pdt. Dainus Dame S.Th dan disaksikan langsung oleh para Mahasiswa Teologia.

Dalam penyerahan Alkitab tersebut, Dansatgas Mayor Inf Beny Setiyanto mengatakan kegiatan ini selain untuk memeriahkan pesta Kebangkitan Yesus Kristus dan Hari Paskah, juga sebagai perwujudan bahwa TNI adalah Tentara Rakyat.

 “Di samping tugas pokok pengamanan di Papua dan Papua Barat, Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad juga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat setempat, di mana Perayaan Pesta Paskah merupakan momentum yang tepat dengan menyerahkan sumbangan Alkitab kepada umat Kristen di Papua dan Papua Barat,” kata dia.

“Diharapkan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad bisa menjadi Garam dan Terang Serta Berkat bagi masyarakat, sehingga bisa mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat. Saya sebagai pribadi sekaligus mewakili seluruh anggota Satgas mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah tahun 2016 bagi seluruh umat Kristen, semoga Tuhan selalu memberkati,” dia menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Alkitab Mulia Bapak Pdt. Enar Wonda S.Th  berterima kasih kepada Satgas yang telah memberikan sumbangan Alkitab, khususnya di Sekolah Alkitab Mulia Kabupaten Puncak Jaya. Selama ini sebagian besar umat Kristen khususnya Gereja GIDI masih menggunakan Alkitab dalam Bahasa Dani, sehingga Sumbangan Alkitab dalam bahasa Indonesia tersebut akan sangat membantu jemaat, selain itu juga membantu Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia dalam proses perkuliahannya.

“Alkitab ini akan diprioritaskan untuk Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia dan selebihnya akan diberikan kepada jemaat GIDI yang ada di pedalaman Kabupaten Puncak Jaya. Sudah lama Jemaat khususnya di Puncak Jaya meminta sumbangan Alkitab dalam bahasa Indonesia tapi tidak kunjung ada dan Satgas Yonif Raider 509/Kostrad yang pertama memberikan sumbangan Alkitab ini,” kata Pdt. Enar Wonda.

Dalam kesempatan yang sama, masih dalam memeriahkan Perayaan Pesta Paskah 2016, Satgas Raider 509/Kostrad menyelenggarakan Pengobatan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat dan Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan selaku Dokter Satgas Yonif Raider 509/Kostrad dibantu Tim Kesehatan Satgas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya. Pengobatan massal ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua, dan juga sebagai upaya teritorial dari Satgas Yonif 509/Raider.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, hampir seluruh  Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia beserta keluarganya datang untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan. “Satgas memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki serta berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sini,” kata dia.

Sedangkan menurut Dokter Satgas, sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka. (PR)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home