Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:12 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Satpol PP Siap Layani Pengepakan Barang Warga Pinangsia

Apel Satpol PP di Balai Kota, Jakarta Pusat. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Kukuh Hadisantosa menyatakan aparaturnya siap mengantar warga Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, yang terkena dampak penggusuran, mulai dari pengepakan barang hingga proses pindah menuju rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang telah disediakan Pemerintah Provinsi DKI.

“Kami, Satpol PP, siap memfasilitasi kepindahan warga ini, mulai dari pengepakan barang sampai angkutan. Kami tawarkan dan warga tinggal bilang, kami siap antar,” ujar Kukuh saat dihubungi satuharapan.com, Rabu (27/5) sore.

Fasilitas pengepakan barang dan pengangkutan sampai tujuan ini juga telah disampaikan saat sosialisasi penggusuran yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya di kantor kelurahan.  

“Sebelum eksekusi penggusuran ini ada sosialisasi menjelaskan akan dipindah. Pada saat itu kan ada tanya jawab warga. Setelah itu dijelaskan, kami tawarkan bantuan. Waktu sosialisasi, masyarakat langsung mendaftar siapa yang mau dibantu. Kalau mereka terlambat memberi tahu, kami tetap akan mengakomodir,” kata Kukuh.

Secara garis besar, Kukuh mengajak warga yang tinggal di bantaran kali ini kooperatif dengan upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan normalisasi sungai. Kendati penggusuran yang dilakukan siang tadi sempat ricuh karena warga menolak digusur, penertiban hunian tetap berlangsung. Penertiban dilakukan terhadap 114 rumah yang terkumpul menjadi satu RT.

Proses penggusuran diakhiri pukul 17.00 WIB. Namun, ada kurang lebih 20 rumah yang belum selesai dibongkar. Rencananya Satpol PP akan menyelesaikannya esok.

Sementara, warga yang terkena dampak penggusuran akan ditampung sementara oleh Dinas Sosial.

“Mereka diberi makan gratis, ditampung sementara juga. Pokoknya Pemprov menjamin,” ujar dia.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home