Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:44 WIB | Jumat, 28 Maret 2014

Satu dari 68 Anak Memiliki Kondisi Autisme

Foto: cdc.gov

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Satu dari 68 anak memiliki kondisi autisme, naik 30 persen dari perkiraan sebelumnya yang dirilis pada 2012, menurut otoritas kesehatan Amerika Serikat pada Kamis (27/3).

Data terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat menunjukkan bahwa “proporsi anak-anak dengan autisme dan IQ lebih tinggi meningkat,” ujar pernyataan dari CDC.

Sebelumnya, satu dari 88 anak-anak di AS diketahui mengidap autism spectrum disorder, atau ASD, gangguan perkembangan yang menurut penelitian baru-baru ini berasal dari rahim.

“Perkiraan terbaru ini menunjukkan adanya peningkatan 30 persen dari perkiraan sebelumnya yang dilaporkan pada 2012 yakni satu dari 88 anak (11,3 per 1.000 anak usia delapan tahun) diidentifikasi mengalami gangguan spektrum autisme,” ujar CDC.

Penemuan tersebut didasarkan pada diagnosis terhadap anak-anak usia delapan tahun di 11 tempat di AS pada 2010.

Prevalensi autisme sangat beragam, mulai dari satu banding 175 anak di Alabama hingga satu banding 45 anak di New Jersey.

Data tersebut menunjukkan lebih lanjut bahwa autisme lima kali lebih umum diidap anak laki-laki dibandingkan perempuan. Di Amerika Serikat, satu dari 42 anak laki-laki didiagnosis mengalami autisme, dibandingkan dengan satu dari 189 anak perempuan.

Penyebab dari peningkatan tersebut masih belum diketahui dengan jelas, namun CDC mengatakan bahwa kriteria yang digunakan untuk mendiagnosis ASD dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tidak berubah. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home