Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:17 WIB | Minggu, 29 Januari 2023

Satu Korban Serangan di Sinagoga Yerusalem Warga Ukraina

Israel kerahkan pasukan tambahan ke Tepi Barat menyusul serangan di sinagoga di Yerusalem.
Personel darurat Israel membantu para korban di lokasi serangan yang dilaporkan di lingkungan pemukim di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel pada hari Jumat, 27 Januari 2023. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyatakan belasungkawa pada hari Sabtu (28/1) setelah serangan di Yerusalem di mana dia mengatakan seorang warga negara Ukraina termasuk di antara yang tewas.

“Kami berbagi rasa sakit Israel setelah serangan teroris di Yerusalem. Di antara para korban adalah seorang perempuan Ukraina. Belasungkawa yang tulus kepada keluarga korban," tulisnya di Twitter.

“Kejahatan itu dilakukan secara sinis pada Hari Peringatan Holocaust Internasional. Teror tidak boleh memiliki tempat di dunia saat ini. Baik di Israel maupun di Ukraina.”

Militer Israel mengatakan sedang meningkatkan pasukannya di Tepi Barat yang diduduki sehari setelah seorang pria bersenjata Palestina menembak mati tujuh orang di pinggiran Yerusalem, dan serangan penembakan lainnya di kota itu pada Sabtu melukai dua orang.

Israel Kerahkan Pasukan ke Tepi Barat

Militer Israel mengatakan sedang meningkatkan pasukannya di Tepi Barat yang diduduki setelah seorang pria bersenjata Palestina menembak mati tujuh orang di dekat sebuah sinagoga di pinggiran kota.

Penembakan pada Jumat malam terjadi sehari setelah serangan Israel paling mematikan di Tepi Barat dalam beberapa tahun dan tembakan lintas perbatasan antara Israel dan Gaza yang meningkatkan kekhawatiran akan pertumpahan darah.

Pada hari Sabtu, layanan ambulans Israel mengatakan dua orang terluka dalam apa yang tampaknya merupakan serangan penembakan lainnya.

Polisi Israel mengatakan bahwa pria bersenjata dalam serangan hari Jumat adalah seorang warga Palestina berusia 21 tahun di Yerusalem Timur yang telah bertindak sendiri dalam melakukan serangan di daerah yang dianeksasi Israel ke Yerusalem setelah perang 1967.

Dikatakan, dia telah mencoba melarikan diri dengan mobil tetapi dikejar oleh polisi dan ditembak mati. Empat puluh dua tersangka, termasuk anggota keluarga penembak, telah ditangkap dan pihak berwenang berada dalam siaga tertinggi, kata polisi.

Serangan itu menggarisbawahi kekhawatiran akan meningkatnya kekerasan setelah berbulan-bulan bentrokan di Tepi Barat yang berpuncak pada serangan di Jenin pada hari Kamis yang menewaskan sedikitnya sembilan warga Palestina.

“Menyusul penilaian situasi IDF (Pasukan Pertahanan Israel), diputuskan untuk memperkuat Divisi Yudea dan Samaria (Tepi Barat) dengan batalion tambahan,” kata militer.

Pecahnya kekerasan adalah konfrontasi besar pertama sejak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjabat bulan lalu sebagai kepala pemerintahan yang mencakup partai-partai nasionalis garis keras.

Menyusul penilaian dengan otoritas keamanan, Netanyahu mendesak orang-orang untuk tidak main hakim sendiri tetapi mengatakan langkah-langkah telah diputuskan dan kabinet bertemu pada hari Sabtu.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, mengunjungi lokasi serangan, di mana dia disambut dengan campuran sorakan dan kemarahan. "Pemerintah harus menanggapi,  ini yang akan terjadi," katanya kepada massa yang menunggu.

Penembakan hari Jumat, yang terjadi pada Hari Peringatan Holocaust Internasional dan pada hari Sabat Yahudi, dikecam oleh Gedung Putih dan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, yang menyatakan keprihatinan atas eskalasi kekerasan saat ini dan mendesak "pengekangan sepenuhnya". Itu terjadi beberapa hari sebelum rencana kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, ke Israel dan Tepi Barat.

Yordania dan Mesir, negara-negara Arab yang telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel, mengutuk serangan itu seperti halnya Uni Emirat Arab, salah satu dari beberapa negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel lebih dari dua tahun lalu.

Kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran memuji serangan itu dan juru bicara kelompok Palestina Hamas memujinya sebagai "tanggapan atas kejahatan yang dilakukan oleh pendudukan di Jenin dan tanggapan alami terhadap tindakan kriminal pendudukan."

Kelompok militan yang lebih kecil Jihad Islam juga memuji serangan itu tanpa mengaku bertanggung jawab.

Menggambarkan potensi eskalasi lebih lanjut, kementerian kesehatan Palestina mengatakan pada hari Jumat tiga warga Palestina dibawa ke rumah sakit setelah ditembak oleh seorang pemukim Israel dalam sebuah insiden di dekat kota Nablus di Tepi Barat utara.

Kejadian di Sinagoga

Polisi mengatakan pria bersenjata Yerusalem itu tiba pada pukul 20:15 dan melepaskan tembakan dengan pistol, mengenai sejumlah orang sebelum dia dibunuh oleh polisi. “Kami tiba di tempat kejadian dengan sangat cepat dan itu mengerikan. Orang yang terluka tergeletak di jalan,” kata Shimon Alfasi dari layanan ambulans Israel.

Sebelumnya pada hari Jumat, militan di Gaza menembakkan roket ke Israel, tidak menimbulkan korban tetapi menarik serangan udara oleh jet Israel, yang menyerang sasaran di jalur pantai yang diblokade yang dikendalikan oleh Hamas.

Kekerasan di Tepi Barat melonjak setelah serentetan serangan mematikan di Israel tahun lalu. Musim kekerasan terbaru dimulai di bawah pemerintahan koalisi sebelumnya dan berlanjut di bawah pemerintahan sayap kanan Netanyahu, yang mencakup pihak-pihak yang ingin memperluas pemukiman di Tepi Barat.

Sebelum penembakan hari Jumat, setidaknya 30 warga Palestina telah tewas tahun ini dan Otoritas Palestina, yang memiliki kekuasaan pemerintahan terbatas di Tepi Barat, mengatakan sedang menangguhkan pengaturan kerja sama keamanan dengan Israel. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home