Loading...
DUNIA
Penulis: Melki 05:25 WIB | Senin, 09 Januari 2023

Israel Sita Kartu Perjalanan VIP Menlu Palestina

Arsip - Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki berbicara selama konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi, setelah pertemuan Komite Menteri Arab di Amman, Yordania, 21 April 2022. (REUTERS/Alaa Al Sukhni/as)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Kartu perjalanan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki disita oleh petugas perbatasan Israel ketika dia bepergian dari Yordania ke wilayah pendudukan Tepi Barat, kata kantornya pada Minggu (8/1).

Penangguhan kartu perjalanan istimewa (VIP) Menlu Palestina oleh Israel adalah balasan Israel atas upaya Palestina untuk melibatkan Mahkamah Internasional (ICJ) dalam konflik kedua negara yang telah berlangsung puluhan tahun.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Israel yang mengelola Tepi Barat mengonfirmasi langkah tersebut dan menyebutnya sebagai bagian dari implementasi keputusan pemerintah pada Jumat (6/1).

Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada kabinet Israel pada Minggu (8/1), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan keputusan itu mencakup, antara lain, "sanksi terhadap tokoh senior Palestina".

"Otoritas Palestina telah mempromosikan resolusi ekstremis anti Israel di PBB," kata Netanyahu.

Majelis Umum PBB, menanggapi permohonan pihak Palestina, pada 30 Desember lalu meminta pendapat ICJ tentang konsekuensi hukum pendudukan Israel atas wilayah Palestina.

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan kartu VIP dari tiga pejabat senior Palestina lainnya telah dicabut sebagai tanggapan atas kunjungan mereka ke anggota minoritas Arab Israel, yang telah dipenjara karena membunuh seorang tentara Israel.

Dikeluarkan berdasarkan kesepakatan sementara dengan Israel dari tahun 1990-an, kartu tersebut memudahkan perjalanan melintasi perbatasan Tepi Barat yang dikuasai Israel, dengan Yordania dan dari wilayah yang dikuasai Palestina ke Israel.

"Menteri luar negeri akan melanjutkan pekerjaannya dan kegiatan diplomatiknya dengan atau tanpa kartu tersebut," kata Ahmed Al-Deek, pembantu Maliki, kepada Reuters.

Israel telah menyita kartu VIP Maliki pada 2021 setelah ia kembali dari pertemuan Mahkamah Pidana Internasional. Belum jelas kapan dan mengapa kartu itu dikembalikan. Reuters


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home