Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:18 WIB | Sabtu, 20 April 2024

Sayap Kanan Eropa Gelar Konferensi Internasional, Kritik Kebijakan Imigrasi

Polisi berjaga di luar depan pintu masuk tempat acara saat konferensi Konservatisme Nasional berlangsung di Brussels, Selasa, 16 April 2024. (Foto: AP/Virginia Mayo)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Konferensi internasional yang dihadiri para politisi dan pendukung sayap kanan dilanjutkan di Brussels, Belgia, pada hari Rabu (17/4) setelah penyelenggara mengajukan gugatan hukum terhadap pihak berwenang di ibu kota Belgia yang khawatir acara tersebut dapat menimbulkan ancaman terhadap ketertiban umum.

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, dijadwalkan berbicara di konferensi Konservatif Nasional, sebuah pertemuan para nasionalis dan fundamentalis Kristen yang keras, sehari setelah Nigel Farage, orang yang berjasa membawa Inggris keluar dari Uni Eropa, berpidato di depan hadirin.

Tokoh sayap kanan Prancis Eric Zemmour dijadwalkan untuk mengkritik aturan baru Uni Eropa mengenai migran dan suaka pada acara tersebut pada hari Selasa (16/4), namun ditolak oleh polisi. Dia kembali pada hari Rabu (17/4), dengan cepat dikelilingi oleh media, berdiri untuk beberapa foto dengan pengagumnya dan masuk ke ruang VIP.

Emir Kir, walikota lingkungan Saint-Joss tempat diadakannya aksi tersebut, telah memerintahkan polisi untuk mencegah orang masuk.

Kir bertindak setelah sekelompok anti fasis mengancam akan mengganggu pertemuan tersebut. Memang benar, kelompok tersebut telah melecehkan penyelenggara konferensi dalam beberapa hari terakhir, memaksa mereka berpindah tempat dua kali. Tidak ada pengunjuk rasa yang terlihat beberapa jam setelah polisi mulai menutup acara tersebut tetapi sekitar 50 orang berkumpul setelah sebagian besar peserta telah pergi pada hari Selasa.

Namun setelah gugatan hukum semalaman, hakim di Brussel menunda perintah penutupan tersebut.

Sebelumnya, para pemimpin Belgia dan Inggris menyatakan keprihatinannya terhadap perkembangan tersebut.

Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, seorang liberal dan penentang sayap kanan, menyebut penutupan tersebut tidak dapat diterima dalam sebuah postingan di platform X.

“Otonomi kota merupakan landasan demokrasi kita namun tidak akan pernah bisa mengesampingkan konstitusi Belgia yang menjamin kebebasan berpendapat dan berkumpul secara damai sejak tahun 1830. Melarang pertemuan politik adalah inkonstitusional. Berhenti total,” tulisnya.

Juru bicara Rishi Sunak mengatakan perdana menteri Inggris menganggap tindakan tersebut “sangat meresahkan.”

“Perdana menteri adalah pendukung kuat dan pendukung kebebasan berpendapat, dan dia yakin hal itu harus menjadi hal mendasar bagi demokrasi mana pun,” kata juru bicara Camilla Marshall. “Membatalkan acara atau membatalkan kehadiran dan tidak adanya pembicara di platform akan merusak kebebasan berpendapat dan demokrasi.”

Konferensi ini diadakan menjelang pemilihan umum di seluruh Eropa. Ketika kampanye untuk pemilu tanggal 6-9 Juni semakin memanas, partai-partai arus utama khawatir bahwa pemilih yang kecewa akan memilih beberapa orang yang menghadiri NatCon 2024, sebutan untuk acara tersebut.

Survei menunjukkan bahwa partai-partai politik arus utama kemungkinan besar akan mempertahankan kekuasaan setelah pemilu, namun sangat mungkin dengan berkurangnya mayoritas.

Konferensi ini diselenggarakan oleh lembaga pemikir konservatif AS, Edmund Burke Foundation, dan diselenggarakan di bawah bendera “Konservatisme Nasional, Melestarikan Negara-Bangsa di Eropa.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home