Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 23:17 WIB | Minggu, 12 April 2020

Sedikitnya 22.000 Petugas Kesehatan Terjangkit COVID-19

Seorang dokter membetulkan posisi kacamata pelindung saat berada di salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Rumah Sakit darurat COVID-19 tersebut berkapasitas sebanyak 160 tempat tidur dalam ruangan dan 65 kamar isolasi bertekanan negatif untuk merawat pasien positif COVID-19 sesuai standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Pandemi COVID-19 menjangkiti lebih dari 22.000 petugas kesehatan di 52 negara dan wilayah, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu (11/4).

Berdasarkan laporan kondisi harian WHO, sebanyak 22.073 kasus COVID-19 di kalangan petugas kesehatan dilaporkan kepada WHO hingga Rabu (8 April).

Laporan itu menyebutkan bahwa kemungkinan data tersebut tidak mewakili secara keseluruhan, sebab sejauh ini tidak ada laporan sistematis dari kalangan petugas kesehatan kepada WHO.

Hasil awal menunjukkan petugas kesehatan tertular di tempat kerja dan di komunitas, yang paling sering melalui anggota keluarga yang terinfeksi.

Untuk melindungi petugas kesehatan yang berada di garda terdepan melawan COVID-19, WHO menekankan penggunaan tepat alat pelindung diri seperti masker, kaca mata, sarung tangan dan baju pelindung.

Dengan memperhatikan risiko kelelahan di kalangan penyedia layanan kesehatan, WHO menyerukan agar pihak-pihak terkait menghargai hak mereka atas kondisi kerja yang terhormat. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home