Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Sabtu, 15 April 2023

Seekor Anjing Hilang di Alaska Ditemukan Setelah Perjalanan 241 Kilometer

Foto dari Mandy Iworrigan ini adalah Nanuq, di tengah dengan Brooklyn Faith, setelah anjing penggembala Australia berusia satu tahun dikembalikan ke Gambell, Alaska, pada 6 April 2023, setelah menghilang selama sebulan dan berjalan di Bering Es laut 150 mil ke Wales, Alaska. Di sebelah kiri adalah Zoey dengan Starlight dan di sebelah kanan adalah Ty dengan Kujo. (Foto: Mandy Iworigan via AP)

ALASKA, SATUHARAPAN.COM-Seorang anjing gembala Australia berusia satu tahun melakukan perjalanan epik melintasi 150 mil (241 kilometer) es Laut Bering yang membeku, termasuk  dia digigit anjing laut atau beruang kutub sebelum dia kembali dengan selamat ke rumahnya di Alaska.

Mandy Iworigan, pemilik anjing bernama Nanuq yang tinggal di Gambell, Alaska, dan keluarganya mengunjungi Savoogna, komunitas Pulau St. Lawrence lainnya di Selat Bering, bulan lalu ketika Nanuq menghilang bersama anjing keluarga mereka yang lain, Starlight, Anchorage Daily News melaporkan.

Starlight  muncul beberapa pekan kemudian, tetapi Nanuq, yang berarti beruang kutub dalam bahasa Siberia Yupik, tidak ditemukan di mana pun.

Sekitar sebulan setelah Nanuq menghilang, orang-orang di Wales, 150 mil (241 kilometer) timur laut Savoonga di pantai barat Alaska, mulai memposting gambar secara online tentang apa yang mereka gambarkan sebagai anjing yang hilang.

“Ayah saya mengirimi saya SMS dan berkata, 'Ada seekor anjing yang mirip Nanuq di Wales,'” kata Iworigan. Dia mengaktifkan kembali akun Facebooknya untuk melihat apakah itu mungkin anjing pengembara miliknya.

“Aku seperti, 'Tidak mungkin! Itu anjing kami! Apa yang dia lakukan di Wales?’” katanya. Peristiwa perjalanan Nanuq sepertinya akan selalu menjadi misteri.

“Saya tidak tahu mengapa dia berakhir di Wales. Mungkin esnya bergeser saat dia berburu,” kata Iworigan. “Aku cukup yakin dia memakan sisa anjing laut atau menangkap anjing laut. Mungkin juga burung. Dia makan makanan asli kita. Dia pintar.”

Dia menggunakan poin maskapai penerbangan untuk membawa anjingnya kembali ke Gambell dengan maskapai penerbangan regional pekan lalu, sebuah piagam yang mengangkut atlet untuk turnamen Olimpiade Pemuda Pribumi Distrik Selat Bering.

Iworigan memfilmkan reuni bahagia ketika pesawat mendarat di landasan udara di Savoonga, dengan dia dan putrinya Brooklyn menjerit kegirangan.

Kecuali kakinya bengkak, dengan bekas gigitan besar oleh hewan tak dikenal, Nanuq dalam kondisi kesehatan yang cukup baik. “Wolverine, anjing laut, nanuq kecil, kami tidak tahu, karena itu seperti gigitan yang sangat besar,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home