Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 19:35 WIB | Jumat, 14 April 2023

Bayi Gajah Sumatera Lahir di Unit Konservasi Pelalawan, Riau

Induk gajah Carmen dan bayinya yang baru lahir di Unit Konservasi Pelalawan, Riau. (Foto: Humas/PPIP/ KLHK)

RIAU, SATUHARAPAN.COM-Seekor bayi gajah sumatera lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.  Kelahiran tersebut terjadi pada Kamis, 6 April 2023 dari induk gajah binaan yang diberi nama Carmen.

Bayi gajah yang lahir berjenis kelamin jantan dengan berat badan 90,9 kilogram dan lahir dalam kondisi normal. Induk gajah Carmen berusia 14 tahun yang lahir di lokasi yang sama pada 5 Januari 2009 dari induk betina bernama Meri.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan bersama Tim Medis yang didampingi oleh Management PT. RAPP mengunjungi lokasi untuk pemeriksaan kesehatan terhadap induk dan anak gajah yang baru lahir tersebut.

Genman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak PT. RAPP yang telah merawat titipan gajah sumatera tersebut dengan baik, dan terbukti dengan adanya kelahiran beberapa gajah sejak penitipan. Dimana sampai saat ini sudah tiga ekor gajah bertambah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui, yang sedianya berjumlah empat ekor menjadi tujuh ekor (empat betina dengan nama Mery, Carmen, Ika dan Mira, serta tiga jantan dengan nama Raja Arman, Ade dan gajah yang baru lahir).

Penempatan gajah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP dimulai pada tahun 1994 di Estate Langgam sebanyak empat individu gajah (tiga betina dan satu jantan). Namun sejak tahun 2007 dipindahkan ke Estate Ukui dan diberi nama Unit Konservasi Gajah Estate Ukui.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home