Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:31 WIB | Minggu, 11 Desember 2016

Sejumlah Tokoh Melayat ke Kediaman Ma'rie Muhammad

Jenazah Mar'ie Muhammad di Masjid Al-Azhar sebelum dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah tokoh pemerintah mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan Mar`ie Muhammad di Jalan Taman Brawijaya III, Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hari Minggu (11/12).

Tampak di antara para pelayat Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad yang tiba di rumah duka sekitar pukul 11.00 WIB.

Turut hadir memberikan penghormatan terakhir bagi Mar`ie Muhammad, Menteri Keuangan Sri Mulyani, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla, mantan Wakil Presiden Boediono, dan mantan Menteri Penerangan dan Ketua DPR/MPR periode 1997-1999, Harmoko.

Selanjutnya, mantan Gubernur Bank Indonesia Miranda S Goeltom, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, dan mantan Menteri Keuangan Chatib Basri.

Chatib Basri menuturkan semasa hidup, Mar`ie adalah sosok yang berintegritas tinggi, sederhana, tegas, dan bersemangat untuk melakukan reformasi birokrasi pada Kementerian Keuangan saat dipimpin Sri Mulyani pada periode 2006-2010.

"Waktu itu saya sebagai staf khusus Menteri Keuangan sama-sama yang dilakukan waktu itu adalah mereformasi birokrasi di Kemenkeu," ujar dia.

Mar`ie Muhammad wafat pada usia 77 tahun setelah menderita sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Mar`ie Muhammad adalah Menteri Keuangan pada era Kabinet Pembangunan VI atau periode 1993-1998, setelah sebelumnya mengabdi sebagai Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 1988 hingga 1993.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939 ini pernah dijuluki sebagai "Mr Clean" karena perjuangannya dalam memberantas korupsi ketika budaya koruptif masih merajalela.

Jenazah Mar`ie akan terlebih dahulu dishalatkan di Masjid Al-Azhar sebelum dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home