Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 05:01 WIB | Minggu, 06 September 2015

Sekum WCC Serukan Keadilan Iklim di Seluruh Dunia

Pdt Dr Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia. (Foto: oikoumene.org)

SATUHARAPAN.COM – “Perubahan iklim hanya dapat diatasi dengan cara yang adil dan berkelanjutan jika itu adalah hal dinamis yang tepat antara memperhatikan lingkungan dan kebutuhan untuk keadilan lebih,” kata Pdt Dr Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC). “Baik di Utara maupun di Selatan dapat tantangan untuk dunia dan satu kemanusiaan dilihat terutama hanya dari satu perspektif ini,” katanya.

Tveit berbagi pandangan ini pada tanggal 5 September dalam sebuah konsultasi tentang keadilan iklim yang diselenggarakan oleh American Council of Churches Latin (CLAI) di Barranquilla, Kolombia. Sekum WCC  saat ini ada di Kolombia, memimpin delegasi WCC sebagai bagian dari “ziarah keadilan dan perdamaian” – seruan  yang dikeluarkan oleh Sidang Raya WCC di Busan pada 2013.

Menegaskan panggilan untuk “keadilan iklim sekarang!” Sekum WCC menekankan bahwa perubahan iklim hanya dapat diatasi dengan cara yang adil dan berkelanjutan ketika terdapat hubungan yang tepat antara perawatan untuk lingkungan dan ketentuan untuk keadilan sosial.

Berbicara tentang Konferensi mendatang PBB Perubahan Iklim (COP 21) di Paris Desember ini, Tveit mengatakan bahwa “hak asasi manusia harus sangat menekankan pada perjanjian hukum internasional yang perlu diadopsi di Paris pada COP 21. Dan mereka juga harus diperkuat dalam kerangka hukum nasional untuk membangun lebih adil masyarakat. “

WCC telah sangat terlibat dalam menangani khusus masalah perubahan iklim sejak akhir 1980-an, yang menghubungkan keutuhan ciptaan untuk keadilan ekonomi dan perdamaian. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home