Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:56 WIB | Minggu, 09 Februari 2014

Semangat Herodes Agung Menyelamatkan Olimpiade

Bangunan yang diduga sebagai makam Raja Herodes Agung. (Foto: flickr.com)

SATUHARAPAN.COM – Olimpiade Musim Dingin 2014, mulai Jumat (7/2) di Sochi, Rusia, adalah Olimpiade yang paling mahal yang pernah ada. Memakan biaya lebih dari $ 51 miliar (Rp 565 triliun). Namun, sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin dengan semangat Olimpiade, sebelumnya pernah ada orang yang begitu berdedikasi untuk Olimpiade: Herodes Agung

Herodes, penguasa Yudea 37-4 SM (kini kawasan Palestina dan Israel), paling dikenal untuk proyek-proyek pembangunan besar-besaran. Yang paling megah, rekonstruksi Bait Allah di Yerusalem. Tapi, meskipun jelas berdedikasi kepada agama Ibrahim dalam merenovasi Bait Allah, Herodes adalah seorang Helenis yang berkomitmen dan antusias pada tradisi Yunani-Romawi, terutama dalam  permainan atletik dan olahraga berdarah.

Tidak seperti rekan-rekan modern mereka, Olimpiade kuno bukan kompetisi sekuler. Perlombaan empat tahunan ini diselenggarakan untuk menghormati dewa tertinggi Yunani, Zeus. Di situs suci kuil untuk Zeus dan istrinya Hera, atlet akan bersaing selama lima hari di tengah ritual pengurbanan dari 100 ekor lembu untuk Zeus.

Selama hampir 1.200 tahun  Olimpiade kuno, atlet dari seluruh dunia Helenistik akan melakukan ziarah ke kota Elis, kota tuan rumah dari permainan, dan dari sana naik ke Olympia. Biaya hadiah, hewan kurban, perjamuan, peralatan dan asrama atlet jatuh pada hellanodikai—hakim aristokrat permainan. Tapi setelah Republik Romawi menaklukkan Yunani pada 146 SM, provinsi miskin ini tidak lagi mampu untuk membiayai game  mahal. “Peristiwa Olympia dihentikan dan patung-patung kemenangan gagal didirikan,” tulis Dr Duane Roller, penulis The Building Program of Herod the Great.

Pada umur 60-an dan di tahun-tahun memudarnya hidupnya, Herodes melakukan perjalanan ketiga dan terakhirnya ke Roma pada 12 SM, Olimpiade ke-192. Pada perjalanannya, Herodes memberi hadiah mewah ke berbagai kota Yunani di Mediterania timur dengan nikmat yang diberikan pada Eleans, “Sumbangan tidak hanya di umum untuk semua Yunani, tetapi untuk seluruh bumi dihuni, sejauh kemuliaan Olimpiade tercapai,” Josephus Flavius ​​menulis dalam The Jewish War.

“Karena Herodes merasa bahwa mereka kekurangan uang dan bahwa sisa satu-satunya kebudayaan Yunani kuno akan hilang, ia tidak hanya menjadi salah satu pejuang dalam kembalinya pada tahun kelima, yang dalam pelayarannya ke Roma ia kebetulan hadir, tapi ia menetapkan atas mereka pendapatan uang untuk selama-lamanya. Sehingga, ia diperingati sebagai pejuang,” Josephus menceritakan.

Walaupun  Josephus tidak mengungkapkan macam apa sumbangan Herodes ke Eleans, Roller berpendapat bahwa raja harus membayar untuk renovasi dan rekonstruksi di lokasi atletik kuno, serta pembiayaan. “Upacara pembukaan, pengurbanan resmi dan perjamuan, dan mungkin biaya fungsionaris dan bahkan patung pemenang. "Sebagai imbalan atas kemurahan hatinya, Herodes diproklamasikan sebagai Presiden (agonothetes) Olimpiade seumur hidup - posisi mungkin dibuat khusus untuknya.

Setelah kembali dari Roma, Herodes memperkenalkan kembali budaya atletik Yunani-Romawi ke Yudea pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Yosefus menulis dalam Antiquities Yahudi bahwa Herodes “membuat pekan olahraga serius yang akan dirayakan setiap tahun kelima, untuk menghormati Caesar, dan membangun sebuah teater di Yerusalem, seperti juga amfiteater yang sangat besar di dataran di luar kota.” (Meskipun bukti arkeologi teater belum pernah ditemukan, Hebrew University Joseph Patrich menunjukkan hal itu mungkin telah dibangun dari kayu di awal, desain Romawi lebih sederhana.)

Di pelabuhan barunya di Kaisarea Maritima, dinamai untuk menghormati pelindungnya Caesar Augustus, Herodes membangun sebuah teater, arena, dan hippodrome, sisa-sisa yang terlihat hingga hari ini. Solomon Zeitlin menulis dalam The Rise and Fall of Judaean State bahwa Herodes meresmikan kota pada tahun 9 sM dengan “keangkuhan dan kemegahan”,  yang termasuk “kontes musik, latihan atletik, balap kuda dan perkelahian gladiator oleh binatang buas”. Herodes juga “mengatur Olimpiade akan diadakan pada interval empat tahun " di pelabuhan Yudea.

Warisan Herodes setelah kematiannya pada 4 SM dibagi antara Roma dan Yahudi. Kotanya, Kaisarea, akhirnya akan menjadi ibukota Romawi Siria dan kota terbesar di kawasan itu. Untuk orang-orang Yahudi, pelukan Herodes pada Olimpiade dan budaya Yunani-Romawi merupakan memori berdarah.

Dalam dekade setelah kematian Herodes, para rabi Farisi yang menyusun Mishnah mengajarkan bahwa “orang-orang yang mengunjungi stadion atau kamp [tentara Romawi] dan tukang sihir dan jampi … adalah orang hina.” (timesofisrael.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home