Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:20 WIB | Minggu, 02 Februari 2020

Sensus Penduduk Daring Dilakukan Mandiri oleh Masyarakat

Foto: bps.go.id

BANJARMASIN, SATUHARAPAN.COM - Sensus penduduk secara daring (online) periode 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, akan dilakukan secara mandiri oleh masyarakat selama satu bulan lebih sejak 15 Februai hingga 21 Maret 2020.

Sensus penduduk secara daring serentak pada 15 Februari 2019 hingga 31 Maret 2019 skala nasional guna mewujudkan satu data kependudukan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Bumbu Akhmad Muzakir di Batulicin, Minggu (2/2), mengatakan sensus penduduk secara daring itu mengajak masyarakat untuk melakukan pengisian data dengan mengakses bps.co.id.

"Pengisian identitas diri meliputi status pendidikan atau pindah alamat tinggal. Dan yang bersangkutan juga dapat memperbaharui (update) datanya sendiri jika yang sebelumnya keliru," katanya.

Keuntungan sensus penduduk secara daring ini, masyarakat dapat melakukan perubahan data sewaktu-waktu dengan mengakses aplikasi melalui telepon genggam, artinya data yg bersangkutan lebih rahasia.

Untuk masyarakat yang belum mengakses sensus penduduk daring pada Februari hingga Maret maka dapat dilakukan pada Juni 2020.

Pemutahiran data yang dilakukan pada Juni tersebut, pihak BPS akan berkunjung ke rumah warga untuk membantu melakukan pengisian data.

"BPS akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak kecamatan guna dimintai bantuan terkait pelaksanaan di lapangan nantinya," ujarnya.

Dia juga mengatakan, sensus penduduk daring melalui tiga tahapan yakni, konvensional, full up dating dengan menggunakan data registrasi serta menggunakan data Dukcapil sesuai rekomendasi PBB.

"Program ini adalah amanat Presiden RI Joko Widodo dalam pencanangan sensus penduduk 2020, kita harus mendorong kepada masyarakat untuk lebih mendekatkan diri atau membiasakan penggunaan teknologi termasuk menggunakan sensus penduduk daring," tuturnya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home