Loading...
DUNIA
Penulis: Fransiska Sari Indah 19:30 WIB | Rabu, 14 Agustus 2013

Seorang Perempuan Anggota Parlemen Afghanistan dan Keluarganya Diculik Pasukan Taliban

Masih adanya kekhawatiran terhadap kebebasan perempuan di wilayah Afghanistan akibat adanya sejumlah penculikan oleh pasukan bersenjata. (Foto:bbc.co.uk)

GHAZNI, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Taliban telah menculik seorang perempuan anggota parlemen Afghanistan, Farida Ahmadi Kakar beserta anak-anaknya saat berpergian ke provinsi Ghazni.

Polisi setempat mengatakan bahwa Farida Ahmadi Kakar dan ketiga putrinya telah diculik oleh orang bersenjata saat berpergian ke daerah pedesaan di  selatan ibu kota Kabul

Ini pertama kalinya seorang perempuan anggota parlemen Afghanistan diculik oleh pasukan gerilyawan Taliban. Polisi mnengatakan penculikan tersebut merupakan sebagai tuntutan pembebasan empat tahanan Taliban.

Namun diberitakan bahwa anak Kakar kemudian dibebaskan dalam operasi oleh pasukan NATO dengan intelejen Afghanistan. Namun dikatakan bahwa perempuan itu ditahan di lokasi terpisah.

Kasus penculikan tersebut semakin mempertajam tingkat kejahatan dan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi Afghanistan. Tahun depan, pasukan NATO meninggalkan negara tersebut, namun masih ada kekhawatiran yang sangat nyata dalam hal keterbatasan kebebasan hak asasi perempuan sejak adanya kasus penculikan tersebut.

Bulan lalu, polisi senior di Provinsi Helmand Selatan ditembak mati dalam perjalanan menuju tempat kerjanya. Dan Minggu lalu, senator Afghanistan, Rooh Gul, dan suaminya selamat dari serangan di Ghazni, namun putri mereka tewas dalam serangan tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home