Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:17 WIB | Senin, 12 September 2022

Serangan Balik Pasukan Ukraina Bebaskan Sejumlah Wilayah dari Pasukan Rusia

Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan lapis baja di jalan di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Minggu, 28 Agustus 2022. Saat perang berlangsung, aliran senjata Barat yang berkembang selama musim panas sekarang memainkan peran kunci dalam serangan balik, membantu Ukraina secara signifikan meningkatkan kemampuan serangan presisi. (Foto: dok. AP/Leo Correa)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika perang di Ukraina memasuki 200 hari pada hari Minggu (11/9), negara itu telah merebut kembali wilayah yang luas selatan dan timur dalam serangan balasan yang telah lama diantisipasi yang telah memberikan pukulan berat kepada pasukan Rusia.

Serangan balik dimulai pada hari-hari terakhir bulan Agustus dan pada awalnya difokuskan di wilayah selatan Kherson, yang disapu oleh pasukan Rusia pada hari-hari awal invasi. Tetapi ketika Moskow mengalihkan perhatian dan pasukan dari sana, Ukraina melancarkan serangan lain yang sangat efektif di timur laut, dekat Kharkiv.

Menghadapi kemungkinan pengepungan sekelompok besar pasukan, Moskow menarik kembali pasukannya dari Kharkiv dalam perubahan dramatis dalam keadaan permainan yang merupakan tantangan terbesar bagi Kremlin sejak meluncurkan invasi 24 Februari.

“Tentara Ukraina telah mengambil keuntungan dari relokasi sebagian besar pasukan Rusia ke selatan dan mencoba untuk mengarahkan jalannya perang, unggul dalam manuver dan menunjukkan kecerdikan yang besar,” kata Mykola Sunhurovskyi, seorang ahli militer dengan Razumkov Center, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Kiev. Keuntungan cepat Ukraina, tambahnya, adalah “penting baik untuk mengambil inisiatif dan meningkatkan semangat pasukan.”

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memuji militer dalam pidato video Sabtu (10/9) malam, mengatakan mereka telah merebut kembali sekitar 2.000 kilometer persegi (lebih dari 770 mil persegi) wilayah dalam bulan ini. Dia juga mengejek Moskow atas penarikannya, dengan mengatakan tentara Rusia "menunjukkan yang terbaik yang bisa dilakukannya, menunjukkan punggungnya" dan "mereka membuat pilihan yang baik untuk lari."

Kritikan pada Kremlin

Bencana militer Rusia telah memicu kemarahan di kalangan blogger militer Rusia dan komentator patriotik, yang mengecam Kremlin karena gagal memobilisasi lebih banyak pasukan dan mengambil tindakan lebih keras terhadap Ukraina.

Bahkan Ramzan Kadyrov, pemimpin wilayah Chechnya Rusia yang didukung Moskow, secara terbuka mengkritik Kementerian Pertahanan Rusia atas apa yang disebutnya “kesalahan” yang memungkinkan serangan kilat Ukraina.

Kedua belah pihak telah menderita kerugian besar dalam konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. Panglima militer Ukraina mengatakan bulan lalu bahwa hampir 9.000 tentaranya tewas dalam aksi tersebut. Dan sementara Moskow belum melaporkan kerugiannya sendiri sejak Maret, perkiraan Barat menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 25.000 orang, dengan yang terluka, ditangkap, dan pembelot membawa kerugian Rusia secara keseluruhan menjadi lebih dari 80.000.

Ukraina telah berusaha untuk memobilisasi penduduk untuk mencapai jumlah militer aktif satu juta orang, sementara Rusia, sebaliknya, terus mengandalkan kontingen sukarelawan yang terbatas karena takut bahwa mobilisasi massa dapat memicu ketidakpuasan dan mengganggu stabilitas internal.

Peran Bantuan Senjata Barat

Saat perang berlangsung, aliran senjata Barat yang berkembang selama musim panas memainkan peran kunci dalam serangan balik, membantu Ukraina secara signifikan meningkatkan kemampuan serangan presisi.

Sejak serangan balasan dimulai, kata Ukraina, pasukannya telah merebut kembali lebih dari 30 pemukiman di wilayah Kharkiv.

Di wilayah Kherson, pasukan berusaha untuk mengusir pasukan Rusia dari pijakan mereka di tepi barat Sungai Dnieper, titik pandang potensial untuk mendorong lebih dalam ke Ukraina oleh Moskow.

Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia juga telah meninggalkan beberapa pemukiman di wilayah tersebut tetapi tidak mengidentifikasi kota-kota tersebut.

Kota Kherson, pusat ekonomi di pertemuan sungai Dnieper dan Laut Hitam dengan populasi sebelum perang sekitar 300.000, adalah pusat populasi besar pertama yang jatuh dalam perang.

Bulan lalu, serangkaian ledakan juga menghantam pangkalan udara dan gudang amunisi di Krimea, menggarisbawahi kerentanan semenanjung yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014 dan sangat penting untuk operasi selatannya. Pihak berwenang Ukraina awalnya menahan diri untuk tidak mengaku bertanggung jawab, tetapi kepala militer negara itu, Jenderal Valerii Zaluzhnyy, mengakui dalam beberapa hari terakhir bahwa pasukannya memukul mereka dengan roket.

Analis militer Ukraina Oleh Zhdanov mengatakan Kyiv “telah menggunakan taktik metodis yang melelahkan tentara Rusia, melemahkannya dan menghilangkan kemungkinan untuk secara teratur meningkatkan pasukannya.”

Setelah merebut kota Balakliia, sekitar 55 kilometer (sekitar 34 mil) tenggara Kharkiv, pasukan Ukraina dengan cepat menekan serangan mereka lebih jauh ke timur ke Kupiansk, pusat kereta api yang penting untuk mempertahankan operasi Rusia di wilayah tersebut.

Mereka mengklaim menguasai kota strategis pada hari Sabtu, memotong jalur pasokan ke sekelompok besar pasukan Rusia di sekitar Izyum di selatan. Untuk mencegah pengepungan penuh mereka, Moskow memerintahkan mundur tergesa-gesa, mengklaim mereka pindah untuk fokus pada wilayah Donetsk tetangga.

Zhdanov mencatat bahwa serangan balasan yang sukses adalah kunci untuk membujuk sekutu untuk lebih meningkatkan pasokan senjata ke Ukraina, sesuatu yang dibahas pada hari Kamis pada pertemuan NATO di Jerman.

“Peristiwa di selatan dan di wilayah Kharkiv harus menunjukkan kepada Barat bahwa militer Ukraina tahu bagaimana menangani senjata dan perlu mengembangkan keberhasilan mereka,” kata Zhdanov. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home