Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:15 WIB | Minggu, 07 Juni 2020

Serangan Bom Di Afghanistan, 11 Milisi Pro Pemerintah Tewas

Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa situs di mana sebuah bus yang membawa karyawan stasiun TV lokal menabrak sebuah bom pinggir jalan di Kabul, Afghanistan. (Foto: dok. AP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sebuah bom pinggir jalan meledak di Afghanistan utara menewaskan 11 milisi pro pemerintah. Bom dalam serangan hari Sabtu (6/6) itu menghancurkan sebuah truk, dan para pejabat Afghanistan menuduh itu dilakukan oleh Taliban.

Kelompok itu tengah melakukan perjalanan melalui Provinsi Badakshan untuk membantu pasukan keamanan di daerah itu, kata para pejabat. Seorang komandan setempat termasuk di antara korban jiwa, kata juru bicara Gubernur Provinsi, Sanaullah Rohani.

Anggota dewan Provinsi Badakshan, Abduallah Naji, mengatakan Taliban bertanggung jawab atas insiden itu, tetapi militan itu sejauh ini tidak mengklaim serangan itu.

Milisi lokal sering bekerja dengan pasukan keamanan yang kewalahan di Afghanistan dan secara teratur menjadi sasaran Taliban.

Serangan itu terjadi ketika kekerasan secara keseluruhan telah mereda di sebagian besar Afghanistan setelah gencatan senjata tiga hari yang ditawarkan Taliban terhadap pasukan Afghanistan bulan lalu. Dan para pejabat menyalahkan beberapa serangan mematikan terhadap Taliban sejak gencatan senjata berakhir pada 26 Mei.

Angkatan udara AS juga melakukan serangan terhadap para militan di provinsi-provinsi yang terpisah pekan ini untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata.

Washington menandatangani kesepakatan penting dengan Taliban pada Februari, berjanji untuk menarik semua pasukan dari negara itu dengan imbalan jaminan keamanan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home