Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:48 WIB | Jumat, 10 November 2023

Serangan Bom Mobil di Komunitas Syiah Afghanistan, Tujuh Tewas

Kerabat korban ledakan berkumpul di luar rumah sakit darurat organisasi bantuan Italia di Kabul pada 7 November 2023, menyusul ledakan di sebuah bus. (Foto: AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sebuah minibus meledak di lingkungan mayoritas Muslim Syiah di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan sedikitnya tujuh warga sipil dan melukai 20 lainnya, kata pihak berwenang hari Selasa (7/11).

Ini adalah ledakan kedua yang terjadi di wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Juru bicara kepolisian, Khalid Zadran, mengatakan ledakan itu terjadi di bagian barat kota di kawasan Dashti Barchi. Penyebabnya masih belum diketahui, namun polisi melancarkan penyelidikan, katanya.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun afiliasi dari kelompok Negara Islam (ISIS/ Negara Islam Irak dan Suriah) pernah menargetkan sekolah, rumah sakit, dan masjid Syiah di wilayah yang sama.

Pada akhir Oktober, kelompok militan tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan di Dashti Barchi yang menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai sekitar tujuh lainnya. Dalam sebuah pernyataan, melalui kantor beritanya Aamaq, mereka mengatakan mereka “berhasil meninggalkan sebuah koper jebakan di dalam tempat berkumpulnya Syiah.”

Kelompok ini juga menyerang wilayah Syiah lainnya di Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir. ISIS telah melancarkan kampanye kekerasan sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home