Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:24 WIB | Jumat, 09 Desember 2022

Serangan Drone Sasar Pangkalan Udara Rusia, Tandai Situs Militer Makin Rentan

Tentara Ukraina berfoto bersama Presiden Volodymyr Zelenskyy, tengah, dalam kunjungannya ke Sloviansk, wilayah Donbas, Ukraina, Selasa, 6 Desember 2022. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Drone menyerang di dalam perbatasan Rusia dengan Ukraina pada hari Selasa (6/12) di hari kedua serangan yang mengungkap tentang kerentanan beberapa situs militer terpenting Moskow, kata pengamat.

Pejabat Ukraina tidak secara resmi mengkonfirmasi melakukan serangan pesawat tak berawak di dalam wilayah Rusia, dan mereka mempertahankan ambiguitas atas serangan profil tinggi sebelumnya.

Tetapi Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia kemungkinan akan mempertimbangkan serangan terhadap pangkalan Rusia lebih dari 500 kilometer (300 mil) dari perbatasan dengan Ukraina sebagai "beberapa kegagalan perlindungan pasukan yang paling strategis sejak invasi ke Ukraina."

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia akan "mengambil tindakan yang diperlukan" untuk meningkatkan perlindungan fasilitas utama. Blogger Rusia yang umumnya memelihara kontak dengan pejabat di militer negara mereka mengkritik kurangnya tindakan defensif.

Kebakaran terjadi di bandara di wilayah Kursk selatan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina setelah sebuah pesawat tak berawak menghantam fasilitas itu, kata gubernur wilayah itu hari Selasa. Dalam insiden kedua, pabrik industri 80 kilometer (50 mil) dari perbatasan Ukraina juga menjadi sasaran drone, yang melewatkan depot bahan bakar di lokasi tersebut, lapor media independen Rusia.

“Mereka akan memiliki lebih sedikit peralatan penerbangan setelah rusak akibat ledakan misterius ini,” kata Yurii Ihnat, juru bicara Komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina. “Tidak diragukan lagi ini adalah berita yang sangat bagus karena jika satu atau dua pesawat gagal, maka di masa depan, beberapa pesawat lagi mungkin akan gagal. Ini mengurangi kemampuan mereka.”

Moskow menyalahkan Kiev atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dua pangkalan udara jauh di dalam Rusia pada hari Senin. Serangan terhadap pangkalan Engels di wilayah Saratov di Sungai Volga dan pangkalan Dyagilevo di wilayah Ryazan di Rusia barat adalah beberapa yang paling berani di dalam Rusia selama perang.

Sebagai akibatnya, pasukan Rusia melakukan gelombang serangan rudal lainnya di wilayah Ukraina yang menghantam rumah dan bangunan serta membunuh warga sipil, memperparah kerusakan yang terjadi pada listrik dan infrastruktur lainnya selama beberapa pekan serangan rudal.

Sekitar setengah dari rumah tangga di wilayah Kiev tetap tanpa listrik, kata gubernur daerah hari Selasa, sementara pihak berwenang di Odesa selatan mengatakan mereka telah berhasil memulihkan listrik ke rumah sakit dan beberapa layanan vital.

Presiden Kunjungi Wilayah Timur

Dalam tampilan baru dari Kiev, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, melakukan perjalanan ke kota timur dekat garis depan. Menandai Hari Angkatan Bersenjata Ukraina, Zelenskyy melakukan perjalanan ke wilayah Donetsk timur dan bersumpah untuk mendorong pasukan Rusia keluar dari semua wilayah Ukraina.

“Semua orang melihat kekuatan dan keahlianmu. ... Saya berterima kasih kepada orang tua Anda. Mereka membangkitkan pahlawan sejati,” kata Zelenskyy hari Selasa dalam pidato video kepada pasukan Ukraina dari kota Sloviansk, benteng utama Ukraina di timur.

Drone Era Uni Sovyet

Drone Tu-141 Strizh (Swift) mulai beroperasi dengan angkatan udara Uni Soviet pada tahun 1970-an dan dirancang untuk tugas pengintaian. Itu dapat dilengkapi dengan hulu ledak yang secara efektif berubah menjadi rudal jelajah.

Tidak seperti drone modern, ia hanya dapat bertahan di udara untuk waktu terbatas dan terbang langsung ke target yang ditentukan. Teknologinya yang sudah ketinggalan zaman membuatnya mudah dideteksi oleh sistem pertahanan udara modern dan mudah ditembak jatuh.

Drone buatan Soviet lainnya dalam persediaan angkatan bersenjata Ukraina, Tu-143 Reis (Penerbangan) memiliki jangkauan yang jauh lebih pendek sekitar 180 kilometer (sekitar 110 mil).

Seorang blogger pro perang Rusia yang memposting di saluran Telegram "Milinfolive" pada hari Senin mengecam kepemimpinan militer Rusia, menuduh bahwa ketidakmampuan dan kurangnya benteng yang layak di pangkalan udara memungkinkan serangan pesawat tak berawak Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan tiga prajurit Rusia tewas dan empat lainnya terluka oleh puing-puing, dan dua pesawat rusak ringan.

Setelah pasukan Ukraina menguasai kota Kherson yang diduduki Rusia pada bulan November, tidak ada pihak yang membuat kemajuan yang signifikan. Tetapi para pejabat Ukraina telah mengindikasikan bahwa negara itu berencana untuk melakukan serangan balasan selama musim dingin ketika tanah beku kondusif untuk memindahkan alat berat.

Kota Kherson masih dilanda serangan roket Rusia, tetapi jika pasukan Ukraina membangun kontrol yang kuat di sana, itu bisa menjadi jembatan untuk maju menuju Krimea.

Analis politik pro Kremlin, Sergei Markov, mengatakan serangan terbaru oleh Ukraina "telah menimbulkan pertanyaan tentang keamanan pangkalan udara militer Rusia."

Pangkalan Engels menampung pembom strategis berkemampuan nuklir Tu-95 dan Tu-160 yang telah terlibat dalam serangan di Ukraina. Dyagilevo menampung pesawat tanker yang digunakan untuk pengisian bahan bakar di udara.

Dalam pembaruan intelijen harian tentang perang di Ukraina, Menteri Pertahanan mengatakan para pembom kemungkinan akan dibubarkan ke lapangan terbang lain.

Berbicara dalam panggilan konferensi dengan wartawan hari Selasa, Peskov mengatakan bahwa “jalan rezim Ukraina untuk melanjutkan serangan teror semacam itu menimbulkan ancaman.”

Peskov menegaskan kembali bahwa Rusia tidak melihat prospek untuk pembicaraan damai sekarang, menambahkan bahwa "Federasi Rusia harus mencapai tujuan yang dinyatakan."

Rusia, sementara itu, mempertahankan serangan intens di wilayah Ukraina, menembaki kota-kota semalam di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang menyebabkan lebih dari 9.000 rumah tanpa aliran air, kata pejabat lokal Ukraina.

Kota-kota itu terletak di seberang Sungai Dnieper dari pembangkit nuklir, yang direbut oleh pasukan Rusia pada tahap awal perang. Rusia dan Ukraina selama berbulan-bulan saling menuduh menembaki dan di sekitar pabrik.

Kepala wilayah Sumy utara Ukraina, yang berbatasan dengan Rusia, mengatakan bahwa Moskow melancarkan lebih dari 80 serangan rudal dan artileri berat di wilayahnya. Gubernur Dmytro Zhyvytsky mengatakan serangan itu merusak sebuah biara di dekat kota perbatasan Shalyhyne.

Ihnat, juru bicara angkatan udara Ukraina, mengatakan kemampuan negara itu untuk menembak jatuh rudal yang masuk meningkat, mencatat belum ada laporan baru-baru ini tentang drone serang buatan Iran yang digunakan di wilayah Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home