Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 02:58 WIB | Kamis, 01 Desember 2022

Rusia Protes Pernyataan Paus Fransiskus tentang Kekejaman di Ukraina

Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya saat bertemu dengan anggota Jaringan Sekolah untuk Perdamaian Italia di aula Paus Paulus VI di Vatikan, Senin, 28 November 2022. (Foto: AP/Andrew Medichini)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Rusia mengajukan protes resmi kepada Vatikan atas kecaman terbaru Paus Fransiskus tentang kekejaman di Ukraina, di mana Paus menyalahkan sebagian besar kekejaman tersebut dilakukan oleh Chechnya dan minoritas lainnya dalam upaya nyata untuk menyelamatkan pasukan etnis Rusia dari kritik.

Duta Besar Kremlin untuk Tahta Suci, Alexander Avdeev, mengatakan kepada kantor berita Rusia, RIA Novosti, bahwa dia bertemu pada hari Senin (28/11) dengan seorang pejabat Vatikan untuk mengungkapkan "kemarahannya" atas komentar Fransiskus, yang dimuat dalam sebuah wawancara dengan majalah Jesuit America yang diterbitkan pada hari Senin.

Dalam komentarnya, Fransiskus membela keengganannya untuk menyebut nama Presiden Vladimir Putin, dengan mengatakan jelas bahwa Ukraina adalah korban "martir" dalam perang. Tetapi dia juga mengatakan bahwa, meskipun negara Rusia yang menginvasi Ukraina, “Umumnya, yang paling kejam mungkin adalah mereka yang berasal dari Rusia, tetapi bukan dari tradisi Rusia, seperti Chechen, Buryat, dan sebagainya.”

Perbedaan mencolok Paus antara sebagian besar Muslim Chechen dan Buddha Buryat di satu sisi, dan pejuang etnis Rusia di sisi lain, membuat kesal Moskow. “Saya menyatakan kemarahan atas sindiran semacam itu dan mencatat bahwa tidak ada yang dapat menggoyahkan kohesi dan persatuan rakyat multinasional Rusia,” kata Avdeev seperti dikutip RIA Novosti.

Sepanjang perang sembilan bulan, Fransiskus telah mencoba untuk menghindari kecaman langsung terhadap Moskow karena takut memusuhi Gereja Ortodoks Rusia, yang sangat mendukung invasi Putin atas dasar agama. Fransiskus sebelumnya menyalahkan "tentara bayaran" atas kekejaman yang dilakukan di Ukraina, menuai kritik dari pemerintah Kiev.

Dalam komentar barunya, Fransiskus dengan jelas mencoba untuk menarik garis antara mereka yang mengikuti "tradisi Rusia" dan orang-orang Chechen dan Buryat yang diduga lebih brutal, padahal sebenarnya pasukan Rusia telah dituduh melakukan kejahatan perang terlepas dari etnis mereka.

Meskipun tidak sepenuhnya jelas apa yang dimaksud Fransiskus dengan orang-orang yang mengikuti "tradisi Rusia", itu bisa menjadi referensi ke akar Kristen Ortodoks Rusia yang didominasi oleh sekitar 68% populasi negara itu.

Laporan RIA Novosti juga mengutip pemimpin regional Buryatia, Alexey Tsydenov, yang menggambarkan pernyataan paus sebagai “setidaknya aneh.” Buryatia, sebuah republik Siberia yang merupakan bagian dari Rusia, adalah rumah bagi penduduk asli Buryat Mongolia, yang dilaporkan menjadi sasaran secara tidak proporsional oleh upaya mobilisasi Moskow bersama minoritas lainnya.

Ramzan Kadyrov, pemimpin Chechnya yang mayoritas Muslim didukung Kremlin, telah menjadi salah satu pendukung invasi Moskow ke Ukraina yang paling lantang, meskipun pejuang dari republik Rusia selatan telah berpartisipasi di kedua sisi dalam perang. Relawan Pro Kiev, misalnya, menamai kelompok mereka dengan nama mendiang pemimpin upaya Chechnya untuk merdeka dari Moskow.

Debu terbaru atas komentar Fransiskus muncul ketika Tahta Suci mencoba memainkan peran mediasi dalam konflik tersebut. Fransiskus dan sekretariat negara Vatikan telah berulang kali menawarkan untuk mencoba memfasilitasi pembicaraan damai, tetapi tidak berhasil.

Ditanya pada hari Senin tentang tawaran terbaru, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Moskow menghargai sikap itu tetapi ia mencatat bahwa Ukraina telah menolak untuk mengadakan pembicaraan.

Vatikan memiliki tradisi untuk tidak memihak dalam konflik, percaya bahwa Vatikan dapat menjadi pembawa damai yang lebih efektif dengan diplomasi di balik layar. Dan Fransiskus telah mencoba untuk menyeimbangkan retorikanya, mengungkapkan solidaritas dengan orang-orang "martir" di Ukraina sementara juga mengakui keluhan Kremlin tentang NATO yang "menggonggong di gerbangnya" dengan ekspansinya ke arah timur.

Sehari setelah invasi Rusia pada 24 Februari, Fransiskus membuat isyarat yang sangat terbuka dengan pergi ke kedutaan Rusia untuk Tahta Suci untuk secara pribadi memohon perdamaian kepada Avdeev. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home