Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:52 WIB | Jumat, 18 Juni 2021

Setelah Pemimpinnya Ditangkap, Oplag Edisi Cetak Koran Hong Kong Naik

Setelah Pemimpinnya Ditangkap, Oplag Edisi Cetak Koran Hong Kong Naik
Orang-orang mengantre untuk membeli “Apple Daily” di jalan pusat kota di Hong Kong hari Jumat (18/6). Surat kabar pro demokrasi itu meningkatkan jumlah edisi cetakannya menjadi 500.000 eksemplar pada hari Jumat, sehari setelah polisi menangkap lima editor dan eksekutif papan atas dan membekukan US$ 2,3 juta dalam aset yang terkait dengan perusahaan media. (Foto: AP/Vincent Yu) Kantor Chan Pui-man, wakil editor surat kabar “Apple Daily” di kantor pusat “Apple Daily” di Hong Kong, hari Kamis (17/6). (Foto: AP/Kin Cheung)
Setelah Pemimpinnya Ditangkap, Oplag Edisi Cetak Koran Hong Kong Naik

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Surat kabar pro demokrasi Hong Kong, Apple Daily, pada hari Jumat (18/6) meningkatkan jumlah cetakannya menjadi 500.000 eksemplar, karena penduduk menunjukkan dukungan untuk kebebasan pers. Ini terjadi sehari setelah polisi menangkap lima editor dan eksekutif papan atas dan membekukan aset senilai US$ 2,3 juta dalam tuntutan keamanan nasional.

Penggerebekan di kantor surat kabar itu diikuti dengan penangkapan pada hari Kamis (17/6) menandai pertama kalinya undang-undang keamanan nasional, yang diberlakukan Beijing di Hong Kong tahun lalu, digunakan terhadap media, salah satu simbol kebebasan sipil di kota semi-otonom yang tidak ada di tempat lain di China.

Polisi mengatakan para editor ditangkap karena dicurigai melakukan kolusi dengan pihak asing yang membahayakan keamanan nasional, berdasarkan lebih dari 30 artikel yang menurut pihak berwenang telah menyerukan sanksi internasional terhadap China dan Hong Kong.

Dengan dibungkamnya protes anti pemerintah, sebagian besar aktivis pro demokrasi terkemuka di kota itu dipenjara dan banyak lainnya melarikan diri ke luar negeri. Namun, orang-orang membeli edisi cetak Koran di kios koran dan di toko serba ada.

“Ada banyak ketidakadilan di Hong Kong. Saya pikir ada banyak hal yang tidak bisa kami lakukan lagi,” kata warga Lisa Cheung. “Membeli salinan adalah semua yang bisa kami lakukan. Ketika hukum tidak dapat melindungi orang-orang Hong Kong lagi, kami hanya tinggal melakukan apa yang kami bisa.”

Halaman depan edisi hari Jumat menampilkan gambar lima editor dan eksekutif yang diborgol. Polisi juga menyita materi berita sebanyak 44 hard drive. Kutipan dari Cheung Kim-hung, CEO yang ditangkap dari penerbit Apple Daily, Next Digital, mengatakan, "Bertahanlah, semuanya."

Warga lain, William Chan, mengatakan dia membeli edisi cetak itu sebagai bentuk dukungan. “Itu adalah penangkapan yang tidak berdasar dan menekan kebebasan pers,” katanya.

Undang-undang keamanan nasional diberlakukan setelah protes besar-besaran pada tahun 2019 menantang aturan Beijing dengan menyerukan kebebasan demokratis yang lebih luas. Ini melarang subversi, pemisahan diri, terorisme dan kolusi dengan negara asing. Hukuman maksimum untuk pelanggar serius adalah penjara seumur hidup.

Menteri Keamanan Hong Kong, John Lee, pada hari Kamis memperingatkan wartawan lain untuk menjauhkan diri dari mereka yang sedang diselidiki di Apple Daily. Dia mengatakan mereka yang ditangkap telah menggunakan pekerjaan jurnalistik untuk membahayakan keamanan nasional dan bahwa siapa pun yang "bersekongkol" dengan mereka akan membayar harga yang mahal.

Kantor penghubung pemerintah China di Hong Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis bahwa mereka mendukung tindakan polisi, mencatat bahwa sementara konstitusi mini, Undang-dndang Dasar, menjamin kebebasan berbicara dan pers, hak-hak itu tidak dapat merusak “garis keamanan." "Kebebasan pers bukanlah 'perisai' untuk kegiatan ilegal," kata kantor penghubung.

Kecaman dari Amerika Serikat

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan bahwa Amerika Serikat mengecam keras penangkapan itu dan menyerukan pembebasan lima orang yang ditangkap. Dia juga meminta pihak berwenang Hong Kong untuk berhenti menargetkan media independen dan bebas.

"Kami sangat prihatin dengan penggunaan selektif undang-undang keamanan nasional oleh otoritas Hong Kong untuk secara sewenang-wenang menargetkan organisasi media independen," kata Price, menambahkan bahwa tuduhan kolusi asing tampaknya bermotif politik.

“Seperti yang kita semua tahu, bertukar pandangan dengan orang asing dalam jurnalisme seharusnya tidak pernah menjadi kejahatan,” katanya.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa kebebasan pers adalah salah satu hak yang dijanjikan China untuk dilindungi selama 50 tahun ketika Inggris menyerahkan Hong Kong pada 1997.

“Penggerebekan & penangkapan hari ini di Apple Daily di Hong Kong menunjukkan Beijing menggunakan Undang-undang Keamanan Nasional untuk menargetkan suara-suara yang berbeda pendapat, bukan menangani keamanan publik,” kata Raab.

Apple Daily berjanji kepada pembaca bahwa mereka akan melanjutkan pelaporannya, dan pada Kamis malam mengundang anggota media ke mesin cetaknya untuk menyaksikan edisi hari Jumat diluncurkan untuk menunjukkan komitmen.

Pendirinya, Jimmy Lai, saat ini menjalani hukuman penjara 20 bulan atas tuduhan berperan dalam protes tidak sah pada tahun 2019. Rata-rata sirkulasi harian surat kabar itu sekitar 86.000 eksemplar.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home