Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:51 WIB | Kamis, 17 Juni 2021

Polisi Hong Kong Gerebek Kantor Media “Daily Apple”

Polisi Hong Kong Gerebek Kantor Media “Daily Apple”
Ryan Law, kedua dari kanan, pemimpin redaksi “Apple Daily”, ditangkap oleh petugas polisi di Hong Kong, hari Kamis (17/6). (Foto: AP)
Polisi Hong Kong Gerebek Kantor Media “Daily Apple”
Sebuah kamera keamanan terlihat di depan kantor pusat “Apple Daily” dan “Next Media” di Hong Kong 12 Januari 2015. (Foto: dok. Reuters)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Polisi Hong Kong menggerebe kantor surat kabar pro demokrasi Apple Daily pada Kamis (17/6) pagi dan menangkap lima eksekutif di bawah undang-undang keamanan nasional kota, termasuk pemimpin redaksinya, Ryan Law.

Penangkapan tersebut adalah operasi polisi terbaru yang menargetkan tanpa ampun tabloid populer yang mendukung gerakan pro demokrasi di pusat keuangan tersebut.

Polisi mengatakan lima eksekutif ditangkap "karena berkolusi dengan negara asing atau dengan elemen eksternal untuk membahayakan keamanan nasional".

Sebuah sumber polisi yang dikonfirmasi AFP mengatakan bahwa kelimanya adalah eksekutif dari Next Digital, perusahaan induk Apple Daily.

Apple Daily mengatakan Law termasuk di antara mereka yang ditangkap. Surat kabar itu menyiarkan rekaman langsung penggerebekan polisi di akun Facebook-nya. Dan petugas terlihat menutup kompleks dan berjalan melalui gedung.

Ini adalah serangan kedua terhadap Apple Daily dalam waktu kurang dari setahun. Pemilik Apple Daily, miliarder Jimmy Lai didakwa melakukan kolusi setelah penggerebekan Agustus lalu.

Dia saat ini menjalani beberapa hukuman penjara, karena menghadiri berbagai protes pro demokrasi yang mengguncang Hong Kong dua tahun lalu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home