Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:23 WIB | Jumat, 15 November 2013

Setelah Pepsi Indofood Akuisisi Grup TB Senilai Rp 2,2 Triliun

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) melalui anak usahanya PT Tirta Makmur Perkasa dan PT Tirta Sukses Perkasa mengakuisisi 22 perusahaan yang tergabung dalam kelompok usaha Grup Tirta Bahagia (Grup TB) senilai Rp 2,2 triliun.

"Kami sangat antusias dengan akuisisi ini karena akan mempercepat ICBP dalam memasuki pasar air minum dalam kemasan (AMDK) yang merupakan segmen terbesar di industri minuman non-alkohol di Indonesia," kata Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP, Anthoni Salim dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan perjanjian itu dilaksanakan dengan rencana pembelian aset yang terkait dengan manufaktur, pemasaran dan distribusi serta kemasan produk AMDK. Aset yang akan diambil alih antara lain meliputi tanah, bangunan, mesin, kendaraan, furniture and fixture, inventory, serta merek dagang.

"Dana akuisisi sebesar Rp 2,2 triliun itu didanai dari internal dan pinjaman bank," ujar dia.

Anthoni Salim mengemukakan bahwa transaksi akan diselesaikan setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan antara lain pelepasan aset berbagai jaminan utang serta diperolehnya semua persetujuan dan ijin yang diperlukan oleh pihak penjual dan pihak pembeli untuk melakukan transaksi.

"Diperkirakan transaksi selesai selambat-lambatnya pada akhir kuartal pertama tahun 2014," paparnya.

Dikemukakan bahwa Grup TB merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek dagang "CLUB" dengan didukung 19 pabrik dan 22 perusahaan.

Anthoni mengatakan bahwa dengan memasuki pasar AMDK, ICBP dapat meningkatkan portofolio produknya menyusul akuisisi yang telah dilakukan baru-baru ini atas PT Pepsi Cola Indobeverages, exclusive bottler produk pepsiCo,inc, di Indonesia yang menawarkan berbagai minuman berkarbonasi dengan merek Pepsi dan beragam minuman jus.

"Di samping itu, akan memungkinkan bagi ICBP untuk membangun kegiatan usaha `beverage` yang `scalable`, sehingga menempatkan perseroan pada posisi yang lebih baik di pasar," katanya.

Dijelaskan, PT Tirta Makmur Perkasa dan PT Tirta Sukses Perkasa merupakan entitas patungan antara PT Multi Bahagia (MB) dengan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) yang merupakan entitas patungan antara Asahi Grou Holdings Southeast Asia Pte.Ltd (AGHSEA) dengan ICBP. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home