Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:49 WIB | Rabu, 24 Februari 2016

Siapkan Diri dengan Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN)

Ilustrasi: Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN) pada smartphone. (Foto: kemdikbud.go.id)

SATUHARAPAN.COM - Pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk jenjang SMA kini dilaksanakan dengan sistem komputerisasi oleh beberapa sekolah. Untuk itu BPMP-Kemdikbud (Balai Pengembangan Multimedia Pustekkom) telah mengembangkan aplikasi, yang merupakan sarana untuk try-out ujian nasional SMA yang diberi nama Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN). Aplikasi ini didesain untuk perangkat handphone dan dapat diakses langsung melalui http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Adanya aplikasi ATUN yang dapat diunggah melalui smartphone dapat membantu memudahkan siswa untuk melatihkan soal-soal UN kepada para siswa kelas IX (SMP/MTs), atau XII (SMA/MA/SMK), secara mandiri.

Namun, untuk sekarang ini, ATUN yang sedianya bisa membantu siswa latihan soal UN tidak bisa diakses, karena ditutup untuk sementara oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dengan alasan Kemdikbud tidak ingin siswa belajar hanya dengan soal tertentu.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Nizam mengatakan telah menutup ATUN ini untuk sementara, dengan alasan jika siswa mengakses aplikasi itu sama saja dengan belajar dengan cara drilling. Kemendikbud, katanya, tidak ingin siswa hanya mempelajari bahan-bahan soal tertentu melalui aplikasi yang bisa diunduh di gawai dengan sistem android itu.

"Itu (ATUN) kita hentikan sementara agar anak-anak tidak seperti bimbingan belajar yang di-drill. Kita harus membiasakan belajar yang tidak di-drill," kata Nizam, seperti dikutip dari okenews.com pertengahan Januari lalu.

Nizam belum memberikan informasi kapan layanan tryout UN CBT secara online ini akan dibuka lagi. Kemungkinan layanan ini akan dibuka mendekati pelaksanaan UN 2016 nanti. 

Cara Menggunakan ATUN

-Buka situs http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/ di-browser yang ada di smartphone, atau laptop yang telah terkoneksi internet.

-Setelah aplikasi terunduh, maka untuk menggunakannya, harus terlebih dahulu melakukan registrasi. Isi semua dokumen yang diminta dengan benar seperti nama pengguna (ID user), alamat email, dan password akun.

-Untuk masuk (login) ke halaman yang berisi soal-soal latihan dan tryout UN, masuk ke alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/?mnu1=login atau kembali ke home di http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/, mengisi alamat email dan password (kata sandi) yang tadi dibuat saat registrasi.

Apabila login berhasil, akan masuk ke halaman soal-soal, yang dibagi berdasarkan jenjang pendidikan, mata pelajaran dan jurusan. Tentukan kategori tryout yang Anda inginkan seperti jenjang pendidikan dan mata pelajarannya. Kerjakan soal dengan durasi waktu yang tersedia. Klik jawaban soal yang menurut Anda benar dari teks huruf yang ada. Akan muncul tanda silang di huruf jawaban yang Anda pilih. (kemdikbud.go.id/maxmanroe.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home