Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 08:46 WIB | Jumat, 26 September 2014

Sidang Umum PBB, Al Sisi: Palestina Tetap Prioritas Mesir

Abdel Fattah Al Sisi, Presiden Mesir, di hadapan Sidang Umum Tahunan ke-69 PBB, Rabu (24/9) menekankan bahwa kemerdekaan Palestina tetap jadi prioritas utama Mesir. (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Abdel Fattah Al Sisi, Presiden Mesir, di hadapan Sidang Umum Tahunan ke-69 PBB, Rabu (24/9) menekankan bahwa kemerdekaan Palestina tetap jadi prioritas utama Mesir. Ini adalah penampilan pertama Al Sisi di PBB sejak menjabat Presiden sejak akhir Mei lalu.

Ia mengatakan Mesir telah membuat sejarah dalam dua tahun terakhir, pertama melawan korupsi dan despotisme untuk mengklaim hak mereka untuk mendapat kebebasan, martabat dan keadilan sosial. Dan, kemudian menolak untuk menyerah pada tirani fraksi yang atas nama agama telah menempatkan kepentingan sempit sebelum orang-orang, yang berusaha merongrong proses demokrasi dan lembaga-lembaga nasional.

Mesir telah memperingatkan tentang tujuan kelompok-kelompok ekstremis yang mengubah nilai-nilai keadilan, belarasa, dan rahmat dari ajaran Yahudi, Kristen dan Muslim menjadi sektarianisme suram dan perang saudara dan regional destruktif.

Sejak pemilihannya sebagai presiden, Al Sisi mengatakan ia telah berusaha untuk membangun sebuah Negara demokrasi sipil dengan mengikuti peta jalan untuk masa depan disepakati oleh kekuatan nasional, yang akan selesai dengan diadakannya pemilihan parlemen.

"Tujuan kami adalah untuk membangun sebuah Mesir Baru. Suatu negara yang menghormati hak dan kebebasan, menghormati tugasnya, dan memastikan koeksistensi warganya tanpa pengecualian atau diskriminasi," katanya.

Negara itu juga harus menghormati dan menegakkan supremasi hukum, menjamin kebebasan berbicara dan agama, dan bekerja menuju pertumbuhan, kemakmuran dan masa depan yang menjanjikan bagi semua orang Mesir. Untuk mencapai itu, pemerintah mulai menerapkan program ambisius untuk memacu pembangunan dan membangun fondasi untuk pasar bebas, ekonomi yang ramah investor pada 2030.

Proyek Terusan Suez Baru (The New Suez Canal Project) adalah bukti tekad Mesir Baru untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi keturunan mereka. Dia mengundang semua orang untuk berpartisipasi dalam konferensi tentang pembangunan ekonomi nasional dan daerah di Mesir Februari mendatang.

Langkah-langkah tersebut mencerminkan kontrak sosial, di Konstitusi Baru Mesir, untuk membangun negara dengan institusi yang kuat, diatur oleh aturan hukum dan prinsip pemisahan kekuasaan, dan tidak terkalahkan oleh terorisme, katanya. Mesir telah menderita dari bencana terorisme sejak tahun 1920-an.

Itu penting untuk tidak membiarkan segelintir ekstremis melakukan kekejaman atas nama agama untuk penyalahgunaan Islam dan menyinggung 1,5 miliar Muslim yang menghargai nilai-nilai luhur tersebut. Setiap orang harus mengintensifkan kerja sama dan koordinasi untuk mengakhiri dukungan bagi organisasi teroris tersebut.

Krisis yang dihadapi wilayah ini dari terorisme bisa diselesaikan dengan menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan bagi semua warga negara dan menghormati supremasi hukum, dan oleh sikap tegas dalam menghadapi kekuatan ekstremis.

Mesir telah bermitra dengan tetangga Libya pada sebuah inisiatif untuk mengakhiri terorisme dan pertumpahan darah di Libya, membantu memperkuat lembaga Libya terpilih dan menjaga integritas teritorial, katanya. Agar itu berhasil, penyelundupan senjata ke Libya harus berhenti.

Beralih ke topik Suriah, ia mengatakan hal itu mungkin untuk dimasukkan ke dalam tempat kerangka politik yang memenuhi aspirasi rakyat Suriah tanpa kompromi dengan teroris atau mereplikasi situasi terhadap yang mereka awalnya memberontak. Dia menekankan dukungan Mesir terhadap tujuan itu. Pada Irak, katanya pembentukan pemerintah baru adalah "perkembangan yang signifikan" yang memulihkan harapan untuk mencapai stabilitas, mendapatkan kembali daerah yang saat ini di bawah kendali ISIS, menjaga integritas teritorial Irak, dan mengakhiri pertumpahan darah.

Isu Palestina tetap menjadi prioritas utama bagi Mesir, katanya. Aspirasi Palestina untuk mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya. Ini berdasarkan proses perdamaian, bukan untuk dinegosiasikan, seperti yang akan mengikis dasar untuk perdamaian yang komprehensif di wilayah tersebut.

Keamanan nasional di negara-negara Arab lainnya merupakan bagian integral dari Mesir keamanan nasional sendiri. Visi negaranya hubungan internasional didirikan pada penghormatan terhadap hukum internasional dan saling menghormati. Aspirasi Mesir untuk menjadi anggota Dewan Keamanan tidak tetap selama periode 2016-2017 berasal dari keinginannya untuk mencapai tujuan PBB dalam melindungi kepentingan negara-negara berkembang, terutama di Afrika. Dia mengundang negara anggota untuk mendukung pencalonannya. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home