Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 08:13 WIB | Jumat, 26 September 2014

Sidang Tahunan PBB, Iran: Barat Salah Strategi di Timteng

Presiden Iran, Hassan Rouhani menekankan kesalahan strategi Barat dalam memperlakukan negara-negara di Timur Tengah dalam debat di Sidang Umum Tahunan PBB, Kamis (25/9). (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Di hadapan Sidang Umum Tahunan ke-69 PBB, Hassan Rouhani, Presiden Iran, mengatakan pada sesi debat, Kamis (25/9) bahwa Ia juga menunjukkan bahwa kesalahan strategis Barat di Timur Tengah, Asia Tengah dan kaukus telah mengubah bagian-bagian dunia menjadi surga bagi teroris dan ekstremis..

Dalam pembukaannya ia mengatakan bahwa ia datang dari daerah dunia yang banyak bagiannya saat ini terbakar dalam api ekstremisme dan radikalisme.

Di sebelah timur dan barat dari negaranya, ekstremis mengancam tetangganya dan mengambil jalan kekerasan dan pertumpahan darah. Mereka tidak berbicara "satu" bahasa atau apakah mereka dari "satu" warna kulit atau kebangsaan. Mereka datang ke Timur Tengah dari seluruh dunia dengan ideologi bersama kekerasan dan ekstremisme.

Ia sangat menyesal bahwa terorisme telah menjadi global, ia mengatakan ekstremis dunia telah menemukan satu sama lain dan mengeluarkan panggilan "ekstremis di seluruh dunia telah bersatu". Untuk itu, ia bertanya, "Tapi apakah kita bersatu melawan ekstremis?"

Dia mengatakan bahwa ekstremisme bukan masalah regional yang hanya bangsa-bangsa di wilayahnya yang harus menghadapi. Itu adalah isu global negara-negara tertentu telah membantu menciptakan dan yang rakyatnya membayar harga. Anti-Barat hari ini adalah keturunan dari kolonialisme kemarin dan reaksi terhadap rasisme kemarin.

Untuk melawan penyebab terorisme, ia menekankan bahwa kemiskinan, pengangguran, diskriminasi, penghinaan dan ketidakadilan harus dibenahi. Ia juga menunjukkan bahwa kesalahan strategis Barat di Timur Tengah, Asia Tengah dan kaukus telah mengubah bagian-bagian dunia menjadi surga bagi teroris dan ekstremis.

Agresi militer terhadap Afghanistan dan Irak dan intervensi pada konflik di Suriah adalah contoh nyata bahwa pendekatan strategis yang salah Barat di Timur Tengah, katanya. Demokrasi adalah produk dari pertumbuhan dan perkembangan, bukan dari perang dan agresi. Itu bukan produk yang dapat diimpor secara komersial dari Barat ke Timur.

Dalam masyarakat terbelakang, demokrasi impor menyebabkan hanya untuk pemerintah lemah dan rentan. Selanjutnya, dia memperingatkan terhadap penyebaran ekstremisme dan bahaya yang ditimbulkan oleh kurangnya pemahaman dan pendekatan yang salah untuk fenomena itu, menambahkan bahwa semua negara di kawasan harus mengerahkan kerja sama yang luas di bidang sosial dan politik serta masalah keamanan dan pertahanan untuk mencapai umum dan tahan lama pengertian.

Dia menyebut sanksi menindas lanjutan terhadap Iran yang moderat dan independen itu adalah kesalahan strategis. Pada tahun lalu, negaranya telah terlibat dalam dialog transparan untuk membangun kepercayaan mengenai program nuklir damainya, mencatat bahwa hanya melalui negosiasi bisa masalah diselesaikan.

 Itu tetap berkomitmen untuk melanjutkan program nuklir damai dan negosiasi dengan sungguh-sungguh dan itikad baik. Namun, Iran tidak bisa percaya pada kerja sama keamanan antara pemerintahnya dan mereka yang telah memberi sanksi, menciptakan hambatan untuk mengakses makanan dan obat-obatan. Mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran akhir akan menjadi kesempatan bersejarah bagi Barat untuk menunjukkan bahwa mereka tidak menentang kemajuan dan perkembangan orang lain, tidak pandang bulu dalam mengikuti aturan dan peraturan internasional, menunjukkan bahwa cara untuk resolusi adalah melalui negosiasi dan hal, jangan konflik dan sanksi.

Dia mengatakan kebijakan pemerintahnya adalah untuk bekerja menuju interaksi yang konstruktif dengan negara-negara tetangganya atas dasar saling menghormati dan penekanan pada kepentingan bersama. Gagasan bahwa Iran berusaha untuk mengontrol negara-negara Muslim lainnya di kawasan itu adalah mitos beberapa tahun terakhir oleh proyek "Iranophobic".

Dalam hal itu, pemerintahnya bekerja menuju mengakhiri delusional "Iranophobia", setting panggung untuk kemitraan strategis dengan negara-negara tetangganya. Jika pendekatan yang tepat tidak diambil dalam menangani kekerasan dan ekstremisme, masyarakat internasional akan menemukan daerah yang lebih bergolak dan penuh gejolak yang akan memiliki dampak bagi seluruh dunia. Namun, sementara solusi yang tepat harus menjadi satu dengan dukungan internasional, itu harus datang dari dalam daerah, ia mengakhiri pidato. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home