Loading...
INSPIRASI
Penulis: Josua Paulmanssa Sihombing 01:00 WIB | Rabu, 28 Desember 2016

Sikap Pemenang

Hidup memang tak lepas dari persoalan.
Siap menghadapi persoalan (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Dalam menjalani hidup, manusia dihadapkan dengan tantangan. Tantangan tersebut berasal dari ambisi (cita-cita) dan persoalan hidup. Seseorang dengan ambisi ditantang untuk mewujudkan ambisinya dalam dunia pikiran menjadi realitas. Sedangkan tantangan yang berasal dari persoalan hidup ialah hal tak terduga yang menyebabkan kesengsaraan atau kesedihan, seperti persoalan keluarga, ditinggal orang yang disayang, persoalan dalam pekerjaan, dan masih banyak lagi. Persoalan hidup ini sering kali membuat orang yang mengalaminya merasa paling menderita di muka bumi.

Saat seseorang mendapat tantangan dari persoalan hidup, beberapa di antaranya lari. Ia tidak berusaha mematikan api persoalan selagi masih kecil, pura-pura tidak melihat sehingga api semakin besar.

Ada juga yang memilih untuk menghadapi persoalan tersebut, mencoba dengan keras menemukan solusi. Dan ketika tidak menemukannya, ia menjadi depresi karena merasa sangat sial dan menjadi manusia paling menderita di muka bumi.

Tetapi, masih ada sekelompok lain, yang memilih menghadapi persoalan dan berjuang, mencari harapan bahkan sekecil remahan roti sekalipun. Saat mulai pupus asa, ia memilih untuk mencari cara untuk memotivasi diri dan kembali berjuang menemukan solusi sehingga ia benar-benar menemukannya.

Ya, hidup memang tidak akan terlepas dari persoalan. Setiap satu persoalan selesai, akan ada persoalan baru lainnya. Hal yang paling penting dalam melihat persoalan itu ialah sikap kita. Hanya ada dua pilihan untuk menyikapi persoalan hidup, yaitu, hancur karenanya atau menghadapinya dengan sikap juang.

Dan tetap menghadapi persoalan dengan sikap juang—apa pun hasilnya—merupakan sikap pemenang.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home