Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:09 WIB | Minggu, 15 Mei 2016

Singapura Peringatkan Atlet Waspada Zika di Olimpiade

Ilustrasi: Nyamuk Aides Aegepty yang diduga menjadi penyebab virus Zika. (Foto: who.int).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Singapore National Olympic Council atau Komite Olahraga Singapura (SNOC) memberi saran kepada atlet Singapura agar mewaspadai mewabahnya virus Zika pada pelaksanaan Olimpiade di Rio De Janeiro, Brasil Agustus 2016 mendatang.

"Kami  menyarankan atlet dan pejabat SNOC  melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dan untuk meminimalkan risiko dan kontak dengan nyamuk ketika mengunjungi daerah rentan terhadap virus,” kata Ketua Kontingen Singapura untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016,  Low Teo Ping, seperti diberitakan The Straits Times hari Sabtu  (14/5).  

Teo Ping  mendapat mandat dari Organisasi yang mewadahi kesehatan dunia (WHO) pada hari Rabu (11/5) agar setiap atlet dan ketua kontingen atau ofisial setiap cabang olahraga mengambil tindakan pencegahan terhadap virus tersebut. 

Dia mengatakan SNOC akan tetap dipandu oleh Komite Olimpiade Internasional dengan mendapat arahan dari WHO, Departemen Kesehatan dan otoritas yang terkait pemberantasan virus Zika.

Teo Ping turut prihatin dengan pemberitaan yang beredar beberapa waktu sebelumnya yang menegaskan  seorang laki-laki warga negara Singapura berusia 48 tahun,  dinyatakan positif terjangkit virus Zika pada hari Jumat (13/5) sepulangnya dari berlibur di Belo Horizonte, Brasil.

Dalam kesempatan berbeda ibunda dari perenang putra Singapura, Joseph Schooling, May merasa yakin anaknya saat berlaga di Olimpiade yang berlangsung 5 sampai 21 Agustus tersebut tidak akan terjangkit virus tersebut.

“Sebelum pergi ke Brasil, dia (Joseph Schooling, red) akan mendapatkan semua vaksinasi yang akan diperlukan,” kata May.  

Bila Singapura memberi peringatan tentang virus Zika, maka berbeda halnya dengan yang dilakukan Komite Olimpiade Korea Selatan yang beberapa waktu lalu meluncurkan desain seragam baru negara tersebut, yang didesain khusus sehingga atlet terlindung dari nyamuk pembawa virus Zika.

“Kami merancang seragam dengan lengan panjang, celana panjang dan kaus kaki sehingga melindungi seluruh kulit hingga ke mata kaki,” kata desainer seragam ofisial Olimpiade kontingen Korea Selatan, Kim Soo Jung, seperti yang dia kemukakan di The Straits Times, hari Rabu (4/5).

Meski kontingen Korea Selatan telah memiliki seragam khusus namun anggota skuat hoki putra Korea Selatan, Han Hye Lyoung,  mengatakan setiap atlet harus waspada. “Kami harus tetap berhati-hati baik untuk melindungi diri dari nyamuk di Rio,” kata Hye Lyoung.

 

Baca Juga

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home