Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:28 WIB | Kamis, 04 April 2024

Sistem Internet Starlink Diselundupkan ke Sudan Yang Dilanda Perang, Jadi Penyelamat Banyak Orang

Sistem internet satelit Starlink dipasang di dekat kota garis depan Bakhmut di tengah serangan Rusia ke Ukraina, wilayah Donetsk, Ukraina, 8 Maret 2023. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Di sudut jalan di kota Tamboul, Sudan, puluhan orang dengan tergesa-gesa menggunakan ponsel mereka, menelepon orang-orang terkasih, dan mentransfer uang melalui aplikasi online.

Di tengah kerumunan mereka terdapat piringan putih terang yang terhubung ke internet melalui Starlink, sistem satelit milik perusahaan roket SpaceX milik Elon Musk.

Starlink telah menjadi penyelamat bagi sebagian orang di negara di mana internet sering terputus sejak perang meletus pada April tahun lalu antara tentara Sudan dan pasukan paramiliter.

Namun sistem tersebut, yang dapat menghadirkan konektivitas ketika tidak ada jaringan berbasis darat, tidak tersedia secara resmi di Sudan.

Sebaliknya, peralatan tersebut telah masuk ke negara tersebut “secara ilegal melalui Libya, Sudan Selatan dan Eritrea”, kata salah satu pengecer perangkat kepada AFP yang tidak mau disebutkan namanya.

Biaya dan berlangganan bisa mencapai ratusan dolar, jauh di luar jangkauan sebagian besar masyarakat Sudan.

Biaya tersebut dibayar oleh warga Sudan di luar negeri atau pengusaha seperti Mohamed Bellah, yang mengelola kafe internet di sebuah desa sekitar 120 kilometer (75 mil) selatan Khartoum.

“Anda dapat memperoleh kembali uang Anda dalam tiga hari,” katanya kepada AFP, sambil mengatakan bahwa investasi tersebut bernilai setiap sennya.

Menunggu Dengan Cemas

Konflik antara tentara Abdel Fattah al-Burhan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) mantan wakilnya Mohamed Hamdan Daglo telah menyebabkan jutaan orang mengungsi dan menewaskan ribuan orang.

Sistem perbankan telah runtuh dan jutaan orang kini dapat mengakses uang hanya melalui aplikasi Bank of Khartoum, Bankak.

Para pejabat belum memberikan penjelasan atas pemadaman listrik tersebut, meskipun penutupan yang hampir total pada bulan Februari banyak yang menyalahkan RSF.

Kini orang-orang seperti Issam Ahmed, yang berkumpul di sekitar piringan di Tamboul, sekitar 140 kilometer (90 mil) tenggara Khartoum, bergantung pada Starlink.

Dia dengan cemas menunggu kabar keluarga dan dukungan keuangan dari putranya, yang bekerja di Arab Saudi.

“Dia mengirimi saya uang melalui aplikasi bank dan saya baru saja mentransfernya ke pedagang mata uang yang akan memberi saya uang tunai,” kata Ahmed kepada AFP.

Starlink, yang tersedia di lebih dari 70 negara, memungkinkan pengguna dengan tarif berbiaya tinggi untuk membawa kiriman mereka melintasi batas negara.

Elon Musk berperan besar dalam menerapkan sistem ini di Ukraina yang dilanda perang dan selama protes di Iran pada tahun 2022.

Namun dia belum memberikan isyarat seperti itu terhadap Sudan dan tidak ada tarif yang diiklankan di situs web Starlink yang memungkinkan penggunaan seperti yang terlihat di sana. SpaceX belum menanggapi permintaan klarifikasi AFP.

RSF Mendapat Untung

Pemerintah Sudan, yang setia kepada tentara, melarang perangkat Starlink pada bulan Desember. Namun pada tahap itu, RSF sudah mulai memanfaatkan peluang bisnis.

Di Qanab al-Halawein, sebuah desa di tenggara Khartoum, pasukan RSF mengenakan biaya untuk akses ke antena mereka sendiri.

Mereka “menyiapkan menu di alun-alun setiap pagi dan pergi pada malam hari dengan semua uang yang mereka hasilkan,” kata seorang warga kepada AFP yang tidak mau disebutkan namanya.

Seorang pemilik kafe internet di desa lain mengatakan personel RSF datang “setiap hari” dan mengambil 150.000 pound Sudan (US$140 untuk pedagang mata uang) sebagai imbalan karena mengizinkan kafe tersebut menawarkan Starlink.

Tentara menangkap dan sebagian menarik kembali larangan tersebut, dengan mengumumkan pada akhir Februari bahwa mereka akan menyumbangkan beberapa menu Starlink kepada penduduk di Omdurman, bagian dari wilayah Khartoum.

Komisi Yang Kaku

Namun wilayah Darfur yang luas di barat Sudan, yang merupakan rumah bagi sekitar seperempat dari 48 juta penduduknya, sangat terkena dampak pemadaman listrik pada masa perang.

Daerah-daerah yang luas sudah tidak ada sambungan listrik selama hampir satu tahun dan penggunaan piringan tersebut telah menyebar dengan cepat di wilayah yang sebagian besar dikuasai oleh RSF.

“Tanpa (Starlink) kami tidak akan pernah tahu cara menerima uang,” kata Mohammed Beshara kepada AFP melalui pesan teks dari kamp Otash di Darfur Selatan.

Namun bagi Beshara dan ribuan orang seperti dia, dibutuhkan uang untuk mendapatkan uang.

Dia membayar sekitar US$3 per jam untuk koneksi dan pedagang mata uang mengambil komisi untuk setiap transaksi Bankak.

Bagi warga Tambul yang putus asa seperti Arij Ahmed, 43 tahun, membayar komisi adalah pengorbanan yang perlu.

Dia berjalan lima kilometer (tiga mil) bersama putranya yang berusia 12 tahun ke antena Starlink “setiap pekan, ketika suami saya di Qatar menerima gajinya dan dia mengirimi kami dengan transfer,” katanya kepada AFP.

Dan setiap pekan, dia berharap mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup hingga koneksi berikutnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home